Tips Menggoreng Tanpa Lengket

Admin Sukamasak

Makanan lengket di wajan memang seringkali mengganggu keasyikan kita memasak. Waktu yang diperlukan untuk bersih-bersih setelah memasak juga bertambah karena kita harus menyingkirkan sisa masakan yang menempel di wajan.

Berikut adalah beberapa tips menarik yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah ini.

  • Meskipun harganya relatif mahal, menggunakan wajan anti lengket adalahsolusi yangpaling mudah.
  • Sehabis membeli wajan yang tidak anti lengket, rebus air yang telah dicampur dengan sedikit cuka dalam wajan yang baru dibeli sampai mendidih, lalu cuci wajan seperti biasa.
  • Anda juga bisa menggunakan garam untuk mencegah masakan lengket di wajan. Caranya, panaskan wajan, lalu masukkan garam. Biarkan hingga garam panas lalu buang. Kini wajan Anda siap digunakan dan tidak akan lengket.
  • Ketika hendak menggoreng ikan, lumuri ikan dengan mentega yang sudah dicairkan lalu diamkan sebentar. Sementara itu, panaskan minyak di atas wajan Anda, taruh selembar daun pisang di atasnya kemudian goreng ikan di dalamnya. Trik ini juga biasa diterapkan pada masakan yang dibakar atau dikukus.
  • Hindari membolak-balik makanan sebelum kering selama proses penggorengan.
  • Sebelum menggoreng sesuatu, ambil sepotong kunyit, gosokkan di penggorengan, kemudian masukkan minyak goreng..Biarkan minyak goreng panas terlebih dahulu sebelum memasukan makanan. Dijamin wajan Anda tidak akan lengket! Kunyit juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada bahan masakan Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kunyit akan merubah warna minyak goreng.
  • Tuangkan minyak goreng ke atas penggorengan, tumis sepotong bawang merah, biarkan panas, lalu masukkan bahan makanan yang akan dimasak .Selain mencegah makanan menempel di wajan Anda, trik ini juga bisa membuat bahan makanan yang berbau tak sedap menjadi harum. Jadi, sambil menyelam minum air kan?Setelah mengetahui tips-tips di atas, kini kita tidak perlu lagi bersusah payah membersihkan wajan kesayangan dari sisa masakan yang lengket di atasnya. Semoga tips ini bisa membuat Anda semakin betah di dapur untuk menyiapkan makanan yang berkualitas untuk orang-orang tercinta. Selamat mencoba!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Cimpa

kunyitnya bubuk atau dalam bentuk batang.....?MOHON BANTUANNYA....

February 27, 2011