Dapur yang bersih dan nyaman pasti impian semua para penyuka masak. Namun tahukah Anda bahwa dapur sehat bukan hanya untuk kenyamanan memasak?  Lebih dari itu, dapur bersih juga menjadi faktor penting bagi kesehatan keluarga Anda lho! Dengan dapur yang sehat dan bersih, proses mengolah masakan akan terasa lebih nyaman, bahan-bahan yang disimpan terjamin kebersihannya, masakan yang dihasilkan pun bersih dan aman untuk keluarga Anda! 

Lalu, bagaimana cara menjaga dapur Anda tetap “sehat”? Untuk mengetahuinya, ayo simak beberapa tips mudah berikut!

- Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik sangat penting bagi dapur! Dengan adanya ventilasi atau jendela yang langsung menghubungkan dapur dengan udara luar, udara kotor atau bau-bauan yang dihasilkan di dapur saat mengolah masakan dapat langsung keluar dan berganti dengan udara bersih. Selain bebas pengap, manfaat lainnya dari sirkulasi yang baik pada dapur adalah dapur tidak menjadi lembap sehingga dapat terhindar dari pertumbuhan jamur dan lumut.

Bagi Anda yang letak dapurnya tidak memiliki akses dengan udara luar secara langsung, Anda dapat menggunakan exhaust fan untuk membantu menghisap udara dan menarik minyak di dalam ruang. Namun, jangan lupa membersihkan exhaust fan secara rutin agar tetap berfungsi optimal.

- Cahaya

Selain dilengkapi dengan cahaya lampu ruangan yang cukup, usahakan dapur Anda mendapatkan cahaya matahari yang memadai. Dengan cahaya matahari yang cukup, kelembapan di dapur dapat terjaga dan dapur pun dapat terhindari dari timbulnya jamur atau lumut. Selain itu dengan cahaya alami yang cukup, bibit-bibit bakteri serta binatang pengganggu seperti kecoa, tikus, dan sebagainya dapat terhindari.

- Kebersihan

Untuk menjaga kebersihan dapur, pastikan Anda selalu membersihkan dapur setelah masak! Saat memasak, kotoran-kotoran seperti percikan minyak atau tumpahan bumbu harus segera dibersihkan. Jika Anda menundanya, kotoran-kotoran ini dapat menempel di dapur Anda dan menimbulkan aroma yang tidak sedap atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, sebaiknya sampah dapur dibuang setiap hari sehingga tidak menimbulkan potensi tumbuhnya bakteri dan jamur. 

Nah, sekarang coba perhatikan, apakah dapur Anda sudah termasuk dapur sehat? Jika belum, yuk lakukan beberapa tips di atas! Dapur sehat, keluarga sehat, acara memasak pun terasa lebih menyenangkan!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Ida Ariningsih

Berharap suatu hari nanti punya dapur mungil nan bersih seperti ini, thanks ya sharingnya...

April 20, 2011

Rully Andriani

iya aku juga, pengen banget punya dapur kayak orang bule, yang di tengah2 dapurnya ada meja gede, buat proses masak ataupun tempat makan.

June 16, 2011