Anda pasti sudah tau kalau sayuran adalah salah satu menu penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin kita sehari-hari. Serat, mineral dan zat lain dalam sayuran sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh para penyuka masak. Namun, tahu kah Anda bahwa semua kandungan bermanfaat tersebut bisa rusak, berkurang atau bahkan hilang jika kita tidak mengolah sayur dengan tepat? Tapi jangan khawatir. Ada beberapa kiat khusus nih untuk mengolah sayuran Anda agar tetap sehat dan lezat tentunya!•Jika sayuran yang akan Anda olah memiliki kulit, sebaiknya lakukan pengelupasan seminimal mungkin agar tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizi yang justru terdapat di dekat kulit tesebut.•Cuci sayuran sebelum dipotong-potong agar tidak melarutkan zat gizinya.•Sebaiknya potong sayuran dengan ukuran agak besar karena semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak pula vitamin dan mineral yang dapat larut.•Metode pengolahan sayuranyang paling dianjurkan adalah dengan dikukus. Namun jika harus ditumis, pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu banyak dan dimasak terlalu lama. Minyak yang panas dapat menguapkan gizi pada sayuran yang Anda olah.•Jika direbus, biarkan panci terbuka! Hal ini bertujuan agar asam-asam pada sayuran tersebut menguap dan menjaga warna sayuran tetap hijau.•Saat merebus sayuran, masukkan sayuran saat air sudah mendidih dan jangan masak terlalu lama. Semakin lama sayur dipanaskan, nutrisi di dalamnya akan terbuang.•Sebaiknya jangan lakukan pemanasan berulang kali pada sayuran yang sudah dimasak. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya enzim-enzim sayuran yang seharusnya dapat bermanfaat bagi pencernaan Anda.Jadi, tunggu apalagi para penyuka masak? Ayo keluarkan resep masakan sayur andalan Anda, olah dengan tepat dan mulai hidup sehat!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Miftah Ozma

Wah, infonya sangat bermanfaat. Semoga ini menjadi acuan untuk tetap mendapatkan hasil terbaik dalam memasak sayuran.:-)

May 27, 2011

Ratna Kusumawati

Info bagus tuch...aplg to ak yg tiap hr hrs masak sayuran..jd info ini sgt penting to bisnisku...Thanks ya "suka masak"..

May 28, 2011

Nola Cristina

wah, baru tau kalo merebus sayur gak boleh ditutup... pantas kadang kok sayur bening bayamku warnanya kusam, kupikir bayamnya yg jelek, ternyata salah masakhahaha...Trims admin:)

June 14, 2011

Armalia

Terimakasih sekali ni udah di kasi tips ini, jadi gak sia - sia kita makansayur (kalau vitaminnya terbuang atau hilang karena salah di pengolahan), kalau tau cara mengolahnya

June 22, 2011

Tags: