Ayo Hilangkan Bekas Minyak Pada Alat Masak!

Admin Sukamasak

Bagi Anda para penyuka masak, memasak sudah pasti menjadi agenda wajib di dapur setiap harinya. Apalagi jika ada resep masakan baru. Semangat untuk memasak pun bisa jadi berlipat-lipat! Namun terkadang semangat memasak jadi turun ketika melihat alat masak yang akan digunakan masih kotor dan ada sisa minyak yang menempel.  Jangan urungkan niat Anda untuk memasak karena ada beberapa tips mudah untuk mengatasi masalah tersebut! 

1. Gunakan cairan pembersih piring dengan kandungan jeruk nipis untuk membersihkan minyak yang menempel di alat masak Anda.

2. Jika sabun cuci piring Anda tidak bekerja maksimal, alternatif lain untuk mengatasi kotoran minyak di alat masak Anda adalah dengan menggunakan lemon secara langsung. Campurkan air perasan lemon dengan garam, lalu gosokkan ke alat masak Anda yang berminyak, kemudian basuh dengan kain.

3. Membersihkan bekas minyak pada alat masak juga bisa dilakukan memakai campuran cuka dan air. Larutkan cuka secukupnya ke dalam 2 liter air, lalu celupkan alat masak Anda yang berminyak hingga noda minyak yang menempel luntur, kemudian bilas hingga bersih.  

4. Taburkan garam pada alat masak sebelum dicuci, lalu buang dan cucilah alat masak seperti biasa. Garam bisa menyerap sisa minyak yang menempel pada alat masak, seperti wajan. Namun cara ini tidak direkomendasikan untuk alat masak antilengket.

5. Gunakan pencuci piring berbentuk deterjen untuk wajan yang sudah menghitam.

6. Jangan siram alat masak yang masih panas dengan air, terutama bagi alat masak antilengket. Biarkan alat masak dingin terlebih dahulu sebelum mulai mencucinya.

Yuk, hilangkan bekas minyak di alat masak Anda dengan beberapa tips di atas! Peralatan masak yang bersih bebas minyak juga akan terjaga keawetannya lho!  Selamat mencoba, para penyuka masak!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Nola Cristina

Admin, boleh nanya?Untuk yg no.6. Kenapa tidak boleh disiram saat masih panas?

June 20, 2011

Nurul Amaliah

klo g salah sich, klo disiram pas panas2, bs merusak zat anti lengketx. jdix panci anti lengketx bs cepat rusak, ato terkelupas...

June 24, 2011