Persiapan Bekal untuk Piknik

Admin Sukamasak

Tidak terasa bulan Juni telah menghampiri. Bulan ini identik dengan aktifitas berlibur. Murid sekolah yang telah menjalani ujian kini dapat merasakan rehat sejenak dari kegiatan pendidikan formal. Tentunya, hal ini membawa rencana berlibur tersendiri bagi Penyuka Masak dan keluarga.Piknik bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan buat keluarga. Sesuaikan lingkungan berpiknik dengan usia anak. Jika masih bayi/balita, bisa mengunjungi kebun buah, taman kota atau kebun binatang. Sedang untuk si remaja, bisa dipilihkan area piknik yang menyediakan fasilitas outbond.Namun, bukan piknik namanya jika tidak membawa bekal sendiri dari rumah. Bekal pun harus di sesuaikan dengan usia dan kebutuhan gizi anak. Simak yuk tips mempersiapkan bekal yang cocok dibawa untuk mengisi liburan kali ini?

1.Perjalanan yang cukup lama akan membuat anda dan si kecil lapar, siapkan roti dengan berbagai isian yang menarik seperti daging cincang, sosis, ataupun selai. Roti tersebut dapat mengganjal perut anda serta si kecil selama perjalanan. Pilihan menu roti tentunya lebih sehat dan bergizi jika dibandingan dengan snack kemasan yang dijual di pasaran.

2.Selalu siapkan air mineral dalam jumlah banyak. Bawalah air mineral dalam wadah plastik anti tumpah dan aman digunakan. Kegiatan liburan akan menguras banyak energi. Keseimbangan cairan tubuh harus tetap terjaga agar tidak terjadi dehidrasi. Untuk si remaja, sediakan juga minuman berkarbonasi untuk menjaga energi mereka. Bawalah box pendingin jika anda memilikinya, minuman dingin akan terasa lebih menyegarkan.

3.Terkadang si kecil sedikit sulit untuk minum air mineral, untuk menyiasatinya bawalah jus buah. Buatlah jus dengan bahan utama buah-buahan kesukaan si kecil seperti pisang, jeruk, mangga, atau apel. Simpan jus tersebut dalam wadah favorit si kecil yang bergambar kartun kesayangannya. Anak anda pasti akan semangat untuk menyantap jus tersebut.

4.Untuk menu makan siang, anda bisa menyiapkan sandwich atau hamburger isi tuna, daging giling, keju, dan sayuran. Sebagai alternatif lain, anda juga bisa membawa nugget atau sosis goreng serta salad sayuran. Jangan lupa membawa saus dan sambal sebagai pelengkap. Hindari membawa makan-makanan berkuah yang menyebabkan kemungkinan akan tumpah.

5.Bawalah peralatan makan sederhana seperti sendok, garpu, dan pisau. Gunakan peralatan yang berbahan dasar plastik atau melamin agar ringan dan tidak berbahaya bagi anak-anak.

6.Selain makanan, bawalah hal lain yang akan menunjuang liburan anda. Hand sanitizer, tisu, obat anti mabuk perjalanan, alas untuk duduk, juga kantung plastik memang terdengar sepele, tapi anda akan membutuhkan barang-barang tersebut saat piknik.Nah, bagaimana? Siap untuk piknik bersama keluarga? Tentunya akan lebih menyenangkan setelah membaca tips ini ya. Selamat berlibur! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Tags: