Aneka Menu Sarapan di Berbagai Belahan Dunia

Admin Sukamasak

Sarapan sangat penting bagi tubuh, utamanya untuk sumber kekuatan dalam memulai aktivitas sepanjang hari. Selain meningkatkan konsentrasi, sarapan pagi juga bisa menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan kemampuan otak.

Sebagai penduduk Indonesia yang dikelilingi oleh banyak sekali ragam masakan membuat kita memiliki banyak pilihan menu untuk sarapan. Menu makan yang paling umum adalah nasi goreng, roti panggang, bubur ayam, ataupun nasi uduk. Lalu, bagaimana dengan menu sarapan di negara lain ya? Adakah yang memiliki menu sama dengan Indonesia. Yuk, kita “jalan-jalan” untuk melihatnya! :)

  • Thailand

Menu sarapan yang paling sering dikonsumsi oleh warga Thailand adalah Chok. Chok merupakan bubur nasi yang dilengkapi dengan daging babi atau ayam cincang. Biasanya juga dihidangkan dengan telur setengah matang. Mirip dengan bubur ayam di Indonesia.

  • Jepang

Menu sarapan yang paling diminati di negara Matahari Terbit selain sushi adalah nasi dan sup miso. Namun, ada juga sebagian penduduk yang lebih modern biasanya menyantap roti, sereal dan telur. Walaupun begitu, sushi tetap menjadi menu sarapan yang paling sering dikonsumsi.

  • Perancis

Warga Perancis biasa menyebut menu sarapan dengan Le petit déjeuner yang artinya makan siang kecil. Menu tersebut terdiri dari roti yang dioles selai/mentega atau croissant, ditambah dengan secangkir teh atau kopi.

  • Amerika Serikat

Sebenarnya, tradisi menu sarapan warga negeri Paman Sam ini roti dengan secangkir kopi. Seiring perkembangan zaman warga Amerika lebih menyukai burger dengan telur dan daging asap. Menu lain yang diminati adalah menu sehat yang berupa telur orak-arik dan sereal.

  • Meksiko

Hidangan sarapan Meksiko sangat unik, yaitu telur goreng yang dilengkapi dengan sambal salsa segar khas Meksiko. Biasa disebut dengan Huevos Rancheros. Menu ini terkenal sekali di Meksiko dan di negara-negara yang berbatasan dengan Meksiko. Menu sarapan lainnya yaitu tortillas yang diisi dengan kacang, telur, krim asam, dan salsa.

  • Nigeria

Jagung merupakan makanan pokok bagi penduduk negara di benua Afrika ini. Menu sarapannya pun, tidak terlepas dari jagung. Biasanya jagung diolah menjadi bubur yang kemudian dipadankan dengan Moin-moin.

Moin-moin atau Moyi-moyi adalah pudding kukus yang terbuat dari campuran kacang black-eyed, bawang merah, dan lada segar. Menu ini bisa ditambahkan dengan ikan sarden, potongan telur rebus, ataupun kornet sapi.

 

Ternyata, sebagian besar negara mengkonsumsi telur sebagai menu sarapannya. Karena memang kuning telur sudah terbukti mampu meningkatkan energi tubuh. Jika ingin mendapatkan paduan nutrisi dan gizi yang lengkap pada hidangan telur. Bisa di olah dengan cara di  orak arik, di dadar atau di mata sapi dengan menggunakan Filma Margarine gurih bernutrisi.

Mudah-mudahan menu-menu diatas dapat menjadi inspirasi kita untuk menyiapkan menu sarapan yang sehat bergizi.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Elisa Siwanisti Putri

asia kok ga ada

December 21, 2012