Sajian Natal Otentik Berbagai Negara

Admin Sukamasak

Penyuka Masak, hari suci umat Kristiani sudah di depan mata. Sebagai umat yang turut merayakannya, apa saja yang sudah anda siapkan? Satu yang pasti nih, biasanya kita akan menyiapkan sajian istimewa ketika natal. Sama seperti negara lain yang juga punya menu khas natal. Apa saja menu khas tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini ya :)

•Gingerbread (Amerika)

Gingerbread atau yang dikenal juga dengan kue jahe sebenarnya berasal dari Amerika. Namun, karena begitu populer hampir seluruh orang ditiap belahan dunia menyajikan gingerbread sewaktu natal. Kue jahe bisa disajikan berupa loaf cake (kue lembut yang lembap) maupun bentuk biskuit dengan rasa jahe, biasanya ditambahkan madu atau molasses pada bagian atasnya.

Uniknya, masyarakat Jerman biasa mengkreasikan gingerbread dengan membentuknya menjadi rumah yang konon mirip dengan rumah penyihir. “Rumah” tersebut diselimuti oleh permen warna-warni cantik dan icing yang menarik. Kue ini biasanya dibuat oleh anak-anak yang tentunya dibantu oleh orang tua mereka.

•Scone (Skotlandia)

Mungkin banyak Penyuka Masak yang kurang familiar dengan menu ini. Sebenarnya menu ini, hampir sama dengan roti pizza. Hanya saja rotinya terbuat dari gandum. Bahan-bahannya juga familiar, seperti tepung terigu, keju, gula, garam, mentega cair, baking powder, dan daging asap atau ham. Semua bahan dicampur menjadi satu, lalu dipanggang.

Scone biasanya disajikan dengan rasa manis, tapi bisa juga disajikan asin. Scone manis berisi kismis, kurma, atau sultana. Sedangkan yang asin, ditambahkan keju, bawang, atau daging. Scone paling enak jika disantap dengan kopi atau teh.

•Gluhwein (Jerman)

Jika dua menu di atas merupakan makanan, kali ini menu yang kita bahas adalah minuman hangat. Gluhwein adalah sari anggur yang sudah difermentasi dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, bunga cengkeh, lemon, vanilla, gula, atau madu. Kalau anda suka minuman beralkohol, bisa ditambahkan rum atau brandy.

Menikmati Gluhwein pada hari natal sudah menjadi tradisi. Gluhwein bisa didapatkan di kedai-kedai dadakan di sejumlah Pasar Natal di Jerman. Gluhwein disajikan dalam mug-mug cantik dengan ornamen khas natal. Biasanya turis yang berkunjung ke Jerman suka mengumpulkan mug bekas wadahnya sebagai souvenir.

•Frittelle (Italia)

Frittelle hampir serupa dengan donat. Bentuknya bulat dan ditaburi dengan gula halus. Uniknya, frittelle disajikan dengan biji pinus di dalamnya. Selain biji pinus, pastry ini juga bisa diisi dengan kismis, pastry cream, nutella, atau flavor tiramisu.

•Pavlova (Australia)

Menu natal khas Australia ini merupakan dessert yang namanya terinspirasi dari penari balet Russia bernama Anna Pavlova. Sebenarnya, pavlova adalah meringue (putih telur, gula, cuka putih, dan esens vanila yang dikocok sampai mengembang dan kaku) dengan isian crust yang renyah, ringan, namun lembut. Agar semakin menarik, pavlova diberi topping whipped cream dan buah-buahan yang lembut seperti kiwi, stroberi, dan markisa.

Itu dia beberapa sajian khas natal dari beberapa negara di dunia yang mayoritas penduduknya merayakan kelahiran Yesus Kristus. Bagaimana dengan sajian spesial yang anda hidangkan di tengah-tengah keluarga? Pasti tidak kalah enak, apalagi disantap bersama keluarga dan orang terkasih. Suka Masak mengucapkan Selamat Hari Raya Natal untuk semua Penyuka Masak! Semoga damai dan kasih Tuhan menyertai kita semua. Merry Christmas! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar