Makanan Favorit Otak

Admin Sukamasak

Sulit konsentrasi dan mendadak lupa sesuatu, bisa jadi karena faktor umur dan tingkat stress yang tinggi. Tapi bisa juga di sebabkan fungsi otak yang terganggu karena kurang nutrisi. Sesungguhnya, fungsi otak kita itu dipengaruhi oleh nutrisi yang diasup. Memilih makanan yang tepat dapat memenuhi kebutuhan otak, membantunya berfungsi secara baik.  Nutrisi yang tepat tersebut sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi, fokus otak dan kekuatan memori.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan dan nutrisi lainnya yang dapat memelihara organ otak, hati, dan bagian tubuh lainnya.

1. DarkChocolate

Woohoo! Buat Penyuka Masak yang cinta dengan coklat, ini adalah kabar gembira! Diam-diam, si hitam ini bisa memberikan nutrisi bagi otak dan bahkan meningkatkan mood kita loh. Kandungan antioksidan jenis flavonol didalamnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memperlancar peredaran darah ke otak.

Penelitian di Inggris menerangkan bahwa dark chocolate mampu melawan kelelahan, gangguan tidur, dan efek dari penuaan. Dark chocolate mengandung stimulan alami yang memproduksi banyak endorphin, yang mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

2. Buah-buahanBerwarna Cerah dan Citrus

Tahukah Penyuka Masak bahwa buah-buahan berwarna cerah dan citrus terbukti membantu melancarkan aliran darah ke otak ! Alpukat adalah pilihan buah yang baik! Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal. Alpukat disinyalir sebagai salah satu makanan tersehat, karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, E, K, zat besi, potassium, dan magnesium. Buah yang bisa dicampurkan ke dalam salad ini juga dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dengan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Apa itu buah citrus? Yang termasuk dalam jenis buah citrus adalah jeruk, lemon, dan jeruk bali. Jenis buah ini dapat melindungi sistem imun tubuh, karena mengandung banyak vitamin C dan vitamin lainnya, mineral, serta serat.

3. SayuranHijau

Sayuran yang berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, kubis, dan selada air sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otak dan memelihara memori. Tidak usah diragukan lagi, sayuran tersebut memang kaya akan mineral seperti zat besi, kalsium, potassium, dan vitamin K, C, E, dan berbagai jenis vitamin B. Sayuran ini juga mengandung sedikit Omega-3 yang dapat melindungi sel otak serta memelihara kesehatan mata.

4. Kacangkedelai

Siapa yang dapat menampik kenikmatan tahu atau susu kacang kedelai? Beruntunglah bahwa jenis makanan yang bisa kita temui dengan mudah dengan harga terjangkau ini kaya akan gizi! Kolin, letisin, dan isoflavon di dalamnya dapat mencegah lemahnya daya ingat. Kacang kedelai juga merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik. Tunggu apa lagi? Konsumsi kacang kedelai dan produk olahan kacang kedelai secara teratur.

5. Ikan

Ikan dan minyak ikan merupakan sumber terbaik Omega-3. Omega-3 sangat penting untuk fungsi otak dan dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer. 2 sampai 3 porsi ikan dalam seminggu sangat direkomendasikan oleh American Health Association untuk program diet sehat. Uniknya, ikan sangat rendah lemak tapi mengandung banyak protein.

Umur akan terus bertambah dan permasalahan hidup bisa terjadi setiap hari.  Hindari stress dan penuaan dini dengan selektif memilih makanan dan gaya hidup. Pilih sumber gizi yang tidak hanya mengenyangkan tapi juga bermanfaat bagi kesehatan kita dan keluarga! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Julyanty

Terimakasih admin artikel ini sangat bermanfaat untuk saya ^^

September 21, 2013