Yang Instan Yang Beracun

Admin Sukamasak

Berkembangnya gaya hidup yang semakin menuntut serba cepat, memberikan efek bagi perut kita juga loh. Banyaknya kedai makanan instan di setiap lahan mempermudah kita mendapatkan makanan secara cepat dengan rasa yang sama. Sayangnya, kebiasaan buruk ini meningkatkan kerentanan tubuh terhadap masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Kita intip yuk, makanan apa aja sih yang berpotensi menjadi racun bagi tubuh.

1. MakananRingan dalam Kemasan

Kenyataannya, makanan ringan dalam kemasan yang kita beli di swalayan dan makanan cepat saji sama-sama merusaknya. Cookies, keripik, berbagai macam kue yang ada dalam kemasan memang memiliki rasa yang enak. Sebelum membayangkan betapa nikmatnya, coba pikirkan berapa banyak lemak trans, garam, gula, dan bahan pengawet yang terkandung di dalamnya.

Hampir semua makanan ringan dibuat dari biji-bijian olahan yang tinggi akan karbohidrat. Karbohidratlah yang menjadi biang kerok tingginya kadar gula darah dan pastinya membuat berat badan bertambah.

Lalu jika sedang lapar tapi diburu waktu, sebaiknya kita mengkonsumsi apa? Tenang saja! Pilih buah favorit dan yogurt. Boleh juga pilih biskuit oat atau gandum, tapi perhatikan label kandungan gizinya ya. Hindari snack yang mengandung fruktosa jagung, minyak hidrogenasi, sodium (yang tidak boleh lebih dari 2300 mg), enriched flour, dan MSG.

2. MieInstant

Jenis makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir semua orang beranggapan, mengkonsumsi mie instan merupakan cara menghilangkan lapar yang cepat dan praktis. Campuran adonan mie instan mengandung bahan aditif yang berbahaya bagi tubuh, seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, dan kalium karbonat.

Selain itu mie juga mengandung zat pewarna. Bumbu mie sendiripun tak lepas dari bahan pengawet seperti MSG yang juga berfungsi sebagai penguat rasa. Banyaknya zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dalam sekantung mie instan dapat membahayakan. Jika mie dikonsumsi secara terus-terusan, zat tersebut akan menumpuk dan menjadi pemicu kanker dalam tubuh.

3. Steak

Potongan daging merah berlemak sarat akan lemak yang menyebabkan penyakit jantung dan mengandung senyawa karsinogenik ketika dimasak dengan temperatur tinggi. Archives of Internal Medicine mempublikasikan hasil penelitiannya bahwa orang yang mengkonsumsi daging merah setiap hari beresiko menderita penyakit jantung atau kanker dibanding dengan yang sedikit mengkonsumsi daging merah.

4. Pizza

Tahukah Penyuka Masak, bahwa si bundar ini adalah sumber garam yang membahayakan walau rasa asinnya tidak terlalu kentara? Berdasarkan penelitian terhadap kandungan garam dalam pizza yang dilakukan Consensus Action on Salt and Health (CASH) dan Association of London Environmental Health Managers (ALEHM), kandungan garam tertinggi dimiliki oleh pizza yang dijual di restaurant pizza, dibanding dengan pizza yang dijual di supermarket. Setengah dari pizza yang disurvei mengandung garam sebanyak jumlah rekomendasi harian, yaitu 6 gram.

Garam yang berlebihan mampu mempertinggi tekanan darah yang berujung pada stroke. Maka, sebaiknya jika ingin menikmati makanan khas Italia ini, kita memasak sendiri saja di rumah. Selain dapat mengatur bahan-bahan yang digunakan, kebersihannya pun lebih terjaga.  Aneka resep membuat Pizza bisa di temui di www.sukamasak.com

5. Daging Asap

Daging asap seperti ham, hot dog, atau sosis sangat praktis dan lezat untuk menu makan. Bahayanya, daging asap ini diproses dalam temperature tinggi yang mampu menimbulkan nitrosamine, penyebab kanker. Tidak apa mengkonsumsi daging asap sesekali, namun pastikan kita memasaknya dengan panas yang kurang dari 177 derajat Celcius (ambang batas temperature dimana nitrosamine sudah terbentuk).

Memang sih, tidak ada yang bisa mengkonsumsi 100% makanan sehat tiap saat. Tapi, sebenarnya kita bisa loh menghindari makanan yang berbahaya bagi kesehatan. Selektif dalam memilih makanan yang diasup, bisa mengontrol kesehatan kita. :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar