5 Sumber Antioksidan Terbaik (1)

Admin Sukamasak

Telah diketahui bahwa antioksidan merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Jadi, apa sih sebenarnya antioksidan? Antioksidan adalah zat yang terkandung dalam makanan yang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh oleh radikal bebas. Radikal bebas sangat penting untuk dihindari, karena mereka dapat menyebabkan penuaan dini, kanker, dan penyakit kronis seperti jantung koroner dan Parkinson.

Beberapa vitamin, seperti vitamin A, C, dan E memiliki zat antioksidan yang bekerja seperti bioflavonoid – senyawa kimia pada tanaman tertentu yang dapat melawan radikal bebas. Secara umum, sayur dan buah-buahan adalah sumber antioksidan terbaik, tapi diluar itu ada loh bahan makan lainnya yang sama-sama menjadi sumber antioksidan terbaik.

1.       Rempah-rempah

Wah, buat Penyuka Masak yang suka dengan makanan hambar, nampaknya harus beralih ke menu yang sedikit ”berat”. Karena ternyata rempah-rempah kaya akan antioksidan. Rempah-rempah yang dimaksud adalah cengkeh, oregano, rosemary, kunyit, thyme, kayu manis, vanilla, dan saga.

2.       Coklat

Penyuka Masak pasti senang saat membaca bahwa cokelat adalah super-food nya antioksidan! Tapi ingat, semakin banyak proses yang dilakukan pada coklat, makan antioksidan yang dimilikinya pun semakin berkurang. Coklat murni, bubuk coklat (cocoa powder) tanpa pemanis, dan coklat masak memiliki antioksidan yang jauh lebih tinggi dibanding permen dark chocolate, apalagi susu coklat (yang pastinya mengandung lemak dan gula lebih banyak dari dark chocolate).

3.       Kopi

Walaupun antioksidan pada kopi lebih sedikit dibandingkan dengan rempah-rempah dan coklat murni, tapi jika dilihat dari banyaknya, kita lebih sering mengkonsumsi kopi dalam keseharian dibanding dengan rempah-rempah tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Scranton yang dipublikasi tahun 2005, kopi adalah salah satu sumber antioksidan terbaik dalam pola makan warga Amerika.

4.       Buah Jenis Beri

Dalam keluarga buah-buahan, keluarga buah beri lah yang paling kaya akan antioksidan. Goji beri Himalaya dan Acai beri merupakan buah yang paling tinggi antioksidan nya. Rasberi, blueberi, dan blackberi, walaupun tidak terlalu eksotis seperti buah di atas, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Buah beri lainnya yang kaya akan zat ini adalah elderberi, chokeberi, cranberi, dan stroberi.

5.       Kacang-kacangan

Kacang sangat kaya akan antioksidan, selain itu juga memiliki protein, serat, dan lemak tak jenuh. Kacang pecan adalah sumber terbaik antioksidan diantara jenis kacang lainnya. Tidak terkecuali walnut, hazelnut, pistachio, dan almond.

Seru sekali ya, menyimak jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Jangan terlanjur senang dengan informasi di atas, karena artikel ini akan berlanjut lagi dengan menguak 5 bahan makanan lainnya yang menjadi sumber antioksidan terbaik. Penasaran?? Tunggu kelanjutannya! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar