Sarapan: Makan Apa Ya?

Admin Sukamasak

Sudah turun temurun kita mengenal bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari. Kita pasti mengiyakan dalam hati bahwa pernyataan tersebut adalah benar, tapi apa daya jika kita dihadapkan dengan rutinitas pagi yang memaksa untuk terburu-buru dan melewatkan sarapan.

Ahli gizi dan pakar kesehatan setuju bahwa sarapan tidak dapat dipisahkan dalam keseharian. Bukan hanya dapat meningkatkan energi yang diperlukan tubuh untuk memulai aktivitas, sarapan juga dapat mempengaruhi pola makan kita seharian. Melewatkan sarapan bisa berakibat menjadi pagi yang buruk karena kita akan kelaparan sebelum waktu makan siang, yang kemudian berujung akan kegiatan ngemil. Orang yang melewatkan sarapan biasanya akan memilih makanan tanpa berpikir panjang, mengkonsumsi kalori dan lemak lebih banyak untuk menghentikan lapar.

Nggak mau terjebak dengan pola seperti itu kan? Suka Masak menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat di pagi hari untuk menghindari pemilihan makanan yang salah. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan?

1.       Sayur dan Buah-buahan

Sayuran atau potongan buah bukan hanya tambahan pada menu sarapan, tapi mereka juga bisa menjadi menu utama untuk sarapan. Jika Penyuka Masak terburu-buru saat berangkat ke kantor, makanlah paling tidak satu jenis buah seperti, apel, pisang, atau pir. Daripada Penyuka Masak memilih donat atau pastry, lebih baik buah. Buah kaya akan serat, sehingga dapat mengenyangkan perut tanpa menambah kalori dalam tubuh. Selain itu, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak demi mengenyangkan perut, tidak jadi masalah.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengawasan Penyakit di Amerika Serikat, orang dewasa harus mengkonsumsi 240 sampai 700 gram buah dan sayur per hari nya, tergantung dari umur, jenis kelamin, dan tingkat kepadatan aktivitas yang dilakukan. Beberapa buah strawberry yang dicampur yogurt atau jamur yang ditambahkan pada omelet cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah dan sayur per harinya.  Kreatiflah dalam mengolah buah dan sayur! Jika Penyuka Masak tidak suka memakan buah/sayur dalam keadaan utuh, campurkan dalam jus. Bisa juga dibuat menjadi smoothies yang menggunakan yogurt low-fat.

2.       Gandum

Gandum pada pagi hari bukanlah kesalahan! Mengkonsumsi gandum merupakan salah satu cara paling mudah bagi sebagian orang untuk mempersingkat waktu sarapan. Sereal, roti gandum, dan oatmeal mudah ditemukan dimanapun. Jangan mengharapkan rasa yang bisa menggoyang lidah, tapi manfaatnya lah yang penting. Gandum kaya akan serat yang mengenyangkan dan membuat perut bertahan sampai waktu makan siang nanti.

Eits, tapi mengkonsumsi serat juga tidak boleh berlebihan loh. Orang yang mengkonsumsi serat terlampau banyak akan mengalami konstipasi, keram perut atau bahkan diare. Tiga sampai lima gram serat untuk sekali sarapan sudah cukup memenuhi kebutuhan serat orang dewasa.

3.       Protein

Jangan salah sangka, protein bukan hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin membentuk tubuhnya loh. Kenyataannya, semua orang membutuhkan protein. Mengkonsumsi sekitar 5 gram protein dalam menu sarapan sangat penting untuk mengatasi kelaparan yang melanda perut dan mendapatkan nutrisi yang diperlukan tubuh. Kebanyakan orang memulai harinya dengan memakan makanan yang tinggi akan karbohidrat dan rendah serat serta protein. Serat, protein, dan lemak tak jenuh akan membuat Penyuka Masak kenyang lebih lama dan kuat menjalani aktivitas pagi hari.

Beberapa menu sarapan yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan protein adalah yogurt, keju jenis cottage, susu, potongan kecil ham atau daging kalkun, dan selai kacang. Menu sarapan tersebut bisa Penyuka Masak konsumsi bergantian supaya tidak bosan.

4.       Keseimbangan

Mencoba berbagai bahan makanan secara bergantian akan membuat menu sarapan kita tetap seimbang dan yang penting mencegah kebosanan. Jika kita makan semangkuk sereal manis untuk saran setiap paginya akan cenderung bosan atau bahkan melewatkan waktu sarapan. Jika Penyuka Masak terburu-buru, ambil saja sebungkus snack gandum, sebuah pisang dan sebotol susu skim utnuk dimakan dalam perjalanan ke kantor. Jika masih punya sedikit waktu, nikmatilah waffle gandum, strawberi, dan yogurt.

Jangan biarkan jadwal yang sibuk atau waktu yang sempit mengganggu Penyuka Masak untuk mendapatkan sarapan yang sehat, enak, dan mengenyangkan. Sarapan sangat penting untuk kesehatan dan menjaga berat badan. Pilihlah menu sarapan yang enak, bergizi, dan kaya akan serat atau protein untuk mengisi hari Penyuka Masak! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar