5 Sumber Antioksidan Terbaik (2)

Admin Sukamasak

Seperti yang telah dipaparkan pada artikel sebelumnya, diluar sayur dan buah-buahan yang memang merupakan sumber antioksidan, ada bahan makanan lain juga yang mengandung antioksidan. Mau tahu 5 sumber antioksidan terbaik selanjutnya apa? Mari kita simak berikut ini.

6.       Buah Kering

Buah yang dikeringkan atau dried fruit sangatlah tinggi kandungan antioksidannya. Kenapa? Karena kandungan air di dalam buah sudah dihilangkan. Buah kering dengan antioksidan tinggi antara lain kismis (anggur yang dikeringkan), prune (plum yang dikeringkan). Buah-buahan kering lainnya yang juga mengandung sejumlah antioksidan yang kuat adalah buah ara, kurma, apel, peach, dan pir.

7.       Jus Buah

Seperti halnya buah kering, jus buah merupakan sumbernya antioksidan. Jus buah yang terbaik adalah jus yang terbuat dari buah suku berry. Selain itu ada jus delima, jus ceri, dan jus anggur yang tinggi kandungan antioksidannya.

8.       Sayuran Matang (sudah di masak)

Dari 10 sumber antioksidan terbaik. Sayuran matang masuk dalam perhitungan. Terlebih lagi jika sayuran tersebut adalah artichoke, kubis merah, selada daun merah, asparagus, bayam, dan brokoli. Peneliti dari USDA menemukan bahwa artichoke sebenarnya mengandung antioksidan lebih banyak dibanding sayuran matang lainnya.

9.       Kacang-kacangan (sayuran)

Kacang merah dan kacang hitam (black beans) adalah sumber antioksidan terbaik dalam keluarga kacang dan polong-polongan. Termasuk kacang pinto, kacang lentil (kapri), dan kacang kedelai adalah sumber antioksidan yang luar biasa. Kacang jenis tersebut juga mengan dung protein dan serat sehingga bisa membantu melancarkan program penurunan berat badan.

10.   Buah dengan Warna Mencolok

Secara umum, buah dan sayuran yang warnanya mencolok dan pekat dapat dipastikan memiliki kapasitas antioksidan lebih besar daripada buah dan sayuran yang warnanya pucat (kentang, misalnya). Bioflavonoid pada tumbuhan lah yang menyebabkan warna sayuran menjadi pekat. Di samping berry-berryan, buah dengan warna pekat seperti delima, plum, apel merah, anggur hitam, dan ceri tinggi antioksidan, seperti juga buah dengan warna mencolok seperti jambu biji merah dan jeruk.

Sekarang sudah jelas kan, makanan apa saja yang merupaka sumber antioksidan terbaik? Mulai sekarang, konsumsi sesering mungkin bahan makan tersebut supaya dapat membantu menghentikan proses perusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Gaya hidup sehat tidak selalu sulit kan? :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar