Jenis-jenis Krim Untuk Memasak

Putri Ehara

Pernahkah anda melihat resep yang menggunakan krim / krim kental sebagai salah satu bahannya? merasa bingung apa itu krim kental? Kali ini Saya mau menjelaskan macam-macam krim kental yang sering dipakai untuk memasak dan membuat kue-kue, biar anda tidak bingung lagi ketika melihat resep yang menggunakan krim kental sebagai salah satu bahannya, silahkan baca ini yach..

Krim kental yang bahasa inggrisnya thick cream adalah kepala susu yang memiliki kadar lemak susu hingga lebih dari 40%. Bentuknya ada yang cair hingga sedikit kental. Bisa dibeli di pasar swalayan besar, biasanya di simpan di freezer atau jajaran produk susu. Kemasannya bisa berupa botol kecil atau kemasan karton seperti susu dengan ukuran 150 ml hingga 1 liter.Dipasaran bisa kita temukan berbagai macam jenis Krim, tapi ada 5 jenis krim yang paling sering dipakai untuk memasak atau membuat kue-kue.

Yang membedakan jenis krim antara lain adalah lemak yang dikandungnya dan proses pembuatannya. Berikut adalah 5 jenis krim yang paling sering dipakai:

1. Double Cream Kandungan lemaknya 48 % dan rasanya amat gurih. Bila dikocok akan mengembang 2 kali lipat. Biasa digunakan untuk melapisi dan mendekorasi aneka kue-kue, dijadikan topping minuman coklat atau kopi, dan untuk campuran puding.

2. Whiping Cream Whipped Cream atau Whipping Cream memilik kadar lemak sekitar 35 %, sehingga kalau dikocok juga akan mengembang 2 kali lipat. Biasa digunakan untuk melapisi kue, hiasan diatas cupcake atau tambahan minuman. Dijual dalam kemasan bubuk atau kemasan karton dan kaleng sprayer yang siap digunakan (sudah berbentuk cream) dan tidak perlu dikocok lagi.

3. Sour Cream Jenis krim ini dibuat dengan proses fermentasi hingga rasanya asam. Gurihnya tetap menonjol sehingga cocok dibuat untuk campuran kue Cheesecake atau hidangan yang membutuhkan rasa asam tapi gurih.

4. Thickened Cream Thickened Cream adalah krim yang diberi pengental karena itu sering disebut krim kental. Biasa digunakan untuk campuran membuat kue, memperlezat sup, bahan pembuat dessert atau bisa juga disantap begitu saja dengan buah segar.

5. Single Cream Krim ini memiliki kadar lemak yang sedikit rendah dibandingkan krim yang lainnya, kadar lemaknya cuma 18 %. Biasa digunakan untuk campuran cereal, menambah kelezatan sup, kue dessert atau campuran buah segar. Karena kadar lemaknya tidak setinggi krim lainnya, maka single cream tidak akan mengembang bila dikocok. Karena itu single cream tidak bisa digunakan untuk menghias kue.Semua Krim-krim ini harus selalu disimpan dalam kulkas, karena bila disimpan di suhu ruangan akan mempercepat masa kadaluarsa krim (cepat basi). Jangan lupa selalu cek tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasan ketika anda membeli krim di supermarket atau toko terdekat.

Semoga penjelasan sederhana (karena masih ada banyak sekali jenis krim dan berbagai kegunaannya) dari Saya tentang berbagai macam krim ini bisa membantu anda.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar