Agar Si Kecil Mau Makan

Admin Sukamasak

Penyuka Masak pernah mengalami masa-masa dimana si kecil sulit sekali makan? Pasti pusing sekali ya. Bagaimanapun kita menginginkan si kecil agar selalu mendapatkan gizi dan nutrisi terbaik dari hidangan yang sudah kita sajikan.

Memang selera tidak bisa dipaksakan, tapi kebutuhan si kecil lebih penting daripada mengutamakan selera. Terkadang kita mengalah dan membiarkan si kecil mendapatkan makanan yang disukai padahal makanan tersebut kadar nutrisinya rendah. Inilah yang menimbulkan dilema bagi ibu. Untuk urusan yang satu ini, Penyuka Masak harus pandai menyiasati menu tiap hari agar si kecil tidak terganggu asupan gizinya.

Simak yuk tips yang dapat menginspirasi Penyuka Masak untuk mengolah makanan agar si kecil tertarik!

Disiplin

  > Latihlah si kecil untuk makan pada jam yang telah ditentukan dan makan harus selalu di meja makan, jangan di kamar atau luar rumah. Disiplin penting sekali diajarkan sejak dini.

> Jika disiplin sudah dijalankan, berikan pujian jika si kecil mematuhinya. Sebaliknya, jika si kecil melanggar, beri teguran yang sesuai. Jangan lupa berikan contoh baik bagi si kecil. Orang tua adalah role model pertama mereka.

> Disiplin perlu, tapi bukan berarti mengabaikan pendapat. Dengarlah keinginan si kecil untuk memilih hidangan yang akan disantap.

Bantuan ahli

  > Penyuka Masak bisa berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli nutrisi untuk memastikan berapa banyak gizi dan porsi makan yang harus diasup si  kecil tiap harinya. Masing-masing anak memiliki kebutuhan yang berbeda loh.

Pengalaman

  > Terkadang bersentuhan dengan hal baru memang butuh waktu dan adaptasi. Jangan berkecil hati ketika si kecil menolak makanan yang sudah kita buat. Karena nantinya, akan dimakan juga bila si kecil lapar.

> Jangan takut untuk mengenalkan menu internasional dan tradisional kepada si kecil.

> Dengan mengajak si kecil berbelanja bahan makanan dan membantu menyiapkan hidangan, si kecil bisa mengenal jenis hidangan dan bahan makanan lebih jauh

Teknik memasak dan penyajian

  > Kreasikan sayur menjadi salad. Jangan takut bereksperimen! Tambahkan buah-buahan seperti jeruk, pisang, stroberi, apel, jagung rebus, keju, atau daging.

> Selalu siapkan buah-buahan siap makan di kulkas. Kupas dan potong buah tersebut agar si kecil mudah dan tidak malas menyantapnya. 

> Sulap es dari jus buah yang ditambah dengan potongan buah segar. Pasti menggugah selera si kecil.

> Buatlah dessert yang menarik, misalnya sate buah. Kombinasi dari potongan berbagai jenis buah-buahan yang ditusukkan pada tusuk sate. Jelaskan juga mengenai buah tersebut pada si kecil, apa manfaatnya bagi tubuh.

 > Teknik memasak dan cara penyajian sayur yang berbeda bisa membuat si kecil yang tadinya tidak menyukai sayuran tertentu menjadi suka. Jika sudah cukup umur, kenalkan pada hidangan dewasa.

 > Kamuflase sayuran bisa terjadi dalam menu sop. Kaldunya yang gurih, potongan daging yang dicampur dengan sayuran akan membuat si kecil mau tidak mau menyantap sayur. 

Semoga tips di atas dapat membantu Penyuka Masak yang hampir menyerah dengan anak yang susah makan dan cenderung picky-eater. Penuhi kebutuhan si kecil, jangan terlalu berkompromi dengan keinginannya. Selamat mencoba! ^_^

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Ina_mahdinesia

variasi masakan favorit si kecil bisa di selang seling juga yaa...

June 01, 2013

Admin Sukamasak

Halo bun, pastinya! Kita harus pintar-pintar mengkreasikan makanan baik dari segi pilihan bahan maupun penampilan agar si kecil tetap nafsu makan :)

June 03, 2013

Umi Alifah

makasih info nya...akan ku coba...

June 09, 2013