6 Kesalahan Memasak Paling Sering Dilakukan

Admin Sukamasak

Setiap Penyuka Masak pasti pernah melakukan kesalahan pada saat memasak, bahkan seorang chef pun tidak selalu memasak dengan sempurna. Biasanya hal kecil dalam memasak yang paling sering dilupakan sehingga menjadi bencana bagi seorang juru masak. Suka Masak akan memaparkan 7 kesalahan yang paling sering dilakukan dalam memasak. Apa sajakah itu?

1.Tidak menyicipi masakan

Memasak dan mencicipi masakan sebenarnya adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Sekali proses mencicipi tidak dilakukan, bisa fatal akibatnya. Ingat, Penyuka Masak, tidak semua resep selalu menyebutkan takaran dan waktu yang tepat loh. Banyak sekali factor yang dapat menyebabkan kegagalan sebuah sajian.

Tim Cebula, seorang sous chef pada restoran ternama, pernah menyajikan Nanas Karamel yang bahkan tidak berwarna cokelat. Setelah dicoba, ternyata nanas tersebut tidak dibuat karamel dengan gula, melainkan garam. Nah, masih berani tidak menyicipi masakan Penyuka Masak?


2.Tidak membaca keseluruhan resep sebelum mulai memasak

Pernah mencoba sebuah resep dan rasanya hambar? Kemungkinan Penyuka Masak tidak membaca seluruh resep sebelum mulai memasak. Pemasak yang handal harus membaca resep dengan cermat secara keseluruhan sebelum memasak.

Siapkan semua bahan dan peralatan sebelum mulai memasak. Perhatikan juga rencana waktu penyajian. Jika anda ingin menyajikan ketupat sewaktu lebaran, lebih baik buat ketupat sehari sebelumnya pada pagi hari agar ketupat sudah pasti matang dan teksturnya tidak terlalu lembek.

3.Bedakan teknik memasak


Bagi Penyuka Masak yang suka mencoba resep berbahasa Inggris, pastikan Penyuka Masak mengerti betul teknik memasak apa yang harus dilakukan. Boiling dan simmering sama-sama merebus, namun keduanya dilakukan dengan teknik berbeda. Boiling adalah merebus dengan air yang banyak lalu menggunakan api sedang atau besar. Simmering adalah merebus dengan api kecil dan air sedikit, misalnya membuat poached egg atau telur rebus untuk mie instan.

Memanggang juga ada tiga jenis, Penyuka Masak. Baking adalah memanggang dalam oven tanpa ditusuk, misalnya memanggang kue atau roti. Roasting adalah memanggang dalam oven dengan suhu tidak terlalu tinggi untuk mematangkan dan mengeringkan lemak. Sedangkan grilling adalah memanggang bersentuhan dengan api langsung, misalnya memanggang sate.

4.Terlalu penuh menaruh makanan

                                                                             

Ketika ditaruh dalam sebuah panci atau wajan, makanan akan mengeluarkan uap, jadi sebaiknya tata daging dengan jarak yang cukup. Jangan biarkan daging berjejalan dalam satu wadah, apalagi jika Penyuka Masak ingin membuat daging asap. Daging asap yang lembap atau basah tidak akan terlihat cantik, kaya rasa, dan empuk. Sisakan ruang antara daging yang satu dengan daging yang lain agar hasil masakan lebih baik. Jika ingin mempercepat proses memasak, gunakan dua wajan untuk membuat daging asap.


5.Membalikkan makanan terlalu sering

Penyuka Masak pasti sering gatal ingin membalikkan makanan yang ada di wajan. Tahukah Penyuka Masak, daging ayam yang ditepungi dengan tepung roti akan menjadi lebih renyah jika pada saat digoreng, dibiarkan sampai menguning. Ketika daging ayam sudah mengambang dalam minyak, tandanya daging ayam tersebut sudah siap dibalik. Jangan lupa untuk selalu menggunakan minyak goreng baru dari kemasan untuk hasil yang lebih baik. 


6.Biarkan sayuran tetap hijau dan crunchy


Masukkan kacang panjang, brokoli, atau asparagus kedalam air mendidih selama tiga sampai tujuh menit. Warnanya akan berubah menjadi hijau cerah dengan tektur yang renyah. Ketika Penyuka Masak tidak memasukkan sayuran tersebutkedalam air es untuk menghentikan proses memasaknya, suhu panas dalam sayuran akan terus berproses mematangkan sayur. Hasilnya, sayurang akan berwarna hijau pucat dan teksturnya lembek.

Sekarang sudah tahu apa saja rahasia agar masakan matang sempurna? Dengan mengikuti tips ini, bukan tidak mungkin Penyuka Masak mendapatkan pujian dari seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba! :)

(pic: Oxmoor House)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Carolina Maya Maharani

Tips yg sangat berguna.Terimakasih :)

January 02, 2014

Admin Sukamasak

Sama-sama, Bun Carolina :)

April 24, 2014

Umi Nadiroh Kudori

Nice tips.Izin share @pinterest

September 21, 2014