Ingin Tampilan Hidangan Menjadi Lebih Menarik?

Admin Sukamasak

Memasuki musim liburan akhir tahun, tentunya akan menjadi ajang temu kangen dan berkumpul bersama keluarga atau kerabat. Apakah Penyuka Masak sudah menyiapkan menu spesial? Jika belum, Penyuka Masak bisa melihat referensi resep untuk merayakan liburan di Suka Masak ya.

Jika menu sudah dipilih, kemudian apa ya yang bisa membuat sajian tetap semarak dan spesial? Salah satunya adalah dengan menghias sajian tersebut. Selama ini, secara awam kita menyebutnya garnish. Tapi, sebenarnya teknik menghias sajian disebut dengan plating. Food plating bertujuan untuk mempercantik penampilan dari sajian sehingga meningkatkan nafsu makan (appetite) danmengesankan orang yang akan melahapnya.

Apa saja hal penting yang harus diketahui mengenai plating? Pertama, membuat kerangka. Sama seperti design interior, hiasan makananpun harus dibuatkan kerangka ide atau gambaran. Mulailah dengan mencorat-coretkan ide untuk memvisualisasikan sajian. Carilah referensi dari berbagai food photography. Dengan menggambar, Penyuka Masak bisa memperkirakan hiasan apa yang cocok dengan menu yang akan dihidangkan.

                                                   

Kedua, jangan menambahkan terlalu banyak hiasan. Fokus pada satu bahan hiasan saja. Jka menghias dengan sayuran, gunakanlah sayuran saja. Tidak perlu ditambah buah. Terlalu banyak hiasan akan membingungkan penyantap dan mengaburkan elemen penting pada sajian. Misalkan, pilihlah parsley, daun ketumbar, atau seledri untuk mempercantik sup. Tidak perlu ditambah dengan potongan tomat ceri atau taburan bawang goreng karena akan mengkaburkan perhatian penyantap pada isi sup tersebut atau seberapa jernih kaldu sup yang disajikan.

                                                                                                                    

Kemudian yang ketiga, bermainlah dengan warna, bentuk, dan tekstur. Hiasan yang bentuknya kecil tapi berwarna kontras dengan menu akan lebih baik dibandingkan dengan hiasan dalam bentuk besar. Penyuka Masak pernah lihat irisan tipis kucai yang ditebar pada menu Mun Tahu? Cantik, bukan? coba bayangkan jika dua batang kucai ditaruh ditengah menu tersebut. Akan tampak jelek sekali. Namun yang perlu diingat, hiasan pada sajian tidak boleh mengalahkan rasa dan porsi dari menunya sendiri.

                                                                                                                   

Hal penting yang keempat adalah berikan porsi yang pas dalam setiap piring. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Proporsi protein, karbohidrat, dan sayuran juga penting untuk memberikan kesan sajian yang bernutrisi.

Terakhir, pastikan bahan utama dari sajian menonjol dan terlihat jelas. Jangan sampai bahan utama kalah dengan garnish, banyaknya saus, atau piring saji. Sebaiknya gunakan piring atau mangkuk putih yang berukuran besar tanpa motif. Kenapa harus menggunakan wadah putih yang besar? Karena warna putih sangat kontras dengan masakan yang notabene memiliki lebih dari satu warna dan hal ini akan memperkuat penampilan sajian. Selain itu, makanan yang berjejalan dalam satu piring kecil akan tampak sangat buruk.

                                                                                                                     

Tidak hanya kelima elemen penting di atas saja, jangan lupa selalu gunakan bahan yang fresh untuk plating, gunakan wadah yang bersih, jika memungkinkan susun makanan dan garnish sehingga menyerupai gunung. Visualisasi makanan yang meninggi akan lebih menarik daripada makanan yang datar atau flat.

Bagaimana Penyuka Masak, sudah siap untuk mendekor sajian spesial anda? ^__^

(sumber foto: Copyright Filma)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar