Yuk, Jaga Bobot Tubuh Semasa Liburan!

Admin Sukamasak

Wah, tidak terasa sekarang kita sudah menghitung waktu untuk berganti tahun lagi, Penyuka Masak. Sudah ada rencana liburan? Bagi sebagian Penyuka Masak, liburan bisa juga berarti bebas dari kewajiban memasak karena akan berpelesir ke suatu tempat. Menyenangkan sekali bisa berkumpul dengan keluarga sekaligus bebas tugas di dapur. Namun, jangan sampai terlena dengan liburan yang terkadang membuat bobot tubuh naik.

Nikmati liburan Penyuka Masak tanpa khawatir jarum timbangan bergeser ke kanan dengan selalu taat pada pilihan makanan yang sehat. Ingatlah, bahwa apa yang kita asup selalu berdasarkan kendali kita. Jika kita memilih untuk menghabiskan setengah toples kue kering, jangan salahkan timbangan jika bobot tubuh bertambah. Jaga juga asupan kalori, jangan terlena dengan kue kering, manisan, atau permen yang melimpah. Lebih baik nikmati snack yang benar-benar Penyuka Masak ingin makan dengan porsi sewajarnya.

                                                                                                                 

Liburan tidak selalu melulu tentang makanan.Jangan lupa untuk manjakan diri dengan cara lain seperti massage, mengikuti kelas yoga, atau kegiatan sesederhanamembaca buku sembari menikmati udara pegunungan yang sejuk. Menghabiskan quality time dengan mengikuti outbond bersama keluarga tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat tapi juga mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Sebelum berkegiatan, jangan lupa untuk sarapan. Sarapan yang berkualitas akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memulai aktivitas. Seperti layaknya mesin, tubuh juga memerlukan “bahan bakar” untuk metabolisme. Tahu Telur Surabaya, Nugget Ikan Dalam Roti atau cukup roti tawar yang dioles margarin, bisa menjadi pilihan cerdas untuk sarapan sehat, karena kandungan minyak yang terdapat dalam makanan tersebut, sangat penting untuk tubuh sebagai penyedia energi yang relatif lebih besar daripada karbohidrat dan protein.

Selain beberapa kegiatan di atas, undangan jamuan makan malam atau pesta dengan keluarga besar atau kerabat sering berdatangan. Ingatlah, jangan menanggap party adalah surganya makanan enak. Nikmati juga atmosfer kebersamaan dengan bernyanyi atau menari bersama. Alihkan perhatian kita yang tertuju pada cocktail atau barbeque yang tersaji melimpah ruah saat pesta.

Ketika waktu makan tiba, gunakan piring terkecil yang ada di meja. Jangan ambil semua jenis makanan dan menjejalkannya dalam piring. Ambil satu jenis makanan dengan porsi kecil, setelah habis ambil jenis makanan lain dalam porsi yang sama atau lebih sedikit. Sebisa mungkin pilih menu sederhana yang terdiri dari banyak sayuran, daging tanpa lemak, atau seafood yang direbus. Jangan ketinggalan untuk mencicipi buah-buahan yang tersaji. Tidak jarang, tuan rumah menjejalkan semua makanan yang ia sajikan kepada tamu. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk menolaknya dengan sopan. Ucapan “Tidak, terima kasih. Saya sudah kenyang. Makanan di sini enak-enak sekali.” cukup untuk memberi sinyal bahwa kita sudah merasa kenyang.

Sudah siap berlibur tanpa harus khawatir bobot tubuh akan naik? Selamat liburan, Penyuka Masak! :D

(sumber gambar: gettyimages)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Tags: