Gebrakan Baru Di Dapur

Admin Sukamasak

Selamat tahun 2014, Penyuka Masak! Semoga selalu sehat sehingga bisa menghasilkan masakan yang lezat dan bernutrisi untuk keluarga. Sudahkah Penyuka Masak menetapkan resolusi untuk tahun ini? Terutama dalam hal masak memasak? Jika belum, Suka Masak memiliki usulan yang ciamik untuk menjadi resolusi Penyuka Masak. Resolusi tidak harus selalu muluk dan keren, hal sederhana pun bisa menjadi target. Seperti kata bijak dari Leonardo DaVinci yaitu, “Dibalik kesederhanaan selalu ada target besar yang tersirat.”. Lantas, resolusi memasak sederhana apa untuk tahun ini?

1.Memasak bersama pasangan

Bagi Penyuka Masak yang sudah berkeluarga, ajaklah pasangan untuk membantu Anda memasak di dapur. Selain romantis, kegiatan ini juga bisa mendekatkan Anda dengan si dia. Pilihlah resep masakan yang tidak terlalu rumit sebagai percobaan, misalnya tahu telur Surabaya. Mintalah pasangan Anda menggoreng tahu sementara Penyuka Masak menyiapkan saus kacang. Setelah itu, tanya pendapat pasangan bagaimana bagusnya penataan makanan pada piring. Ikutilah sarannya, pasti pasangan akan merasa dihormati dan didengar. Dengan begitu, Penyuka Masak akan lebih disayang kan? Jika sudah mahir dengan resep sederhana, ajaklah pasangan membuat kue. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya dan tentunya Penyuka Masak akan mempunyai quality time sekaligus menu spesial. Jangan lupa, untuk mengenalkan pasangan Anda bahan masakan yang baik bagi kesehatan Penyuka Masak berdua, misalnya untuk bahan makanan yang di goreng, pastikan selalu menggunakan minyak goreng yang jernih bernutrisi.

2.Mencoba 1 resep baru

                                                        
Buatlah tantangan untuk diri Anda sendiri. Mencoba 1 resep baru dari kumpulan resep yang dimiliki sukamasak.com setiap bulannya tidak akan rugi kok. Malah akan menambah skill memasak Anda. Ingat Penyuka Masak, memasak bukanlah ilmu pasti karena selera tidak memiliki patokan. Semakin sering berlatih, maka keterampilan memasak akan semakin terasah. Penyuka Masak juga akan semakin mengerti bagaimana seharusnya rasa dari sebuah menu. Resep merupakan petunjuk, tapi tidak bersifat saklek. Semua tergantung dari selera Anda dan keluarga. Jika tidak terlalu suka kue yang manis, ganti gula pasir dengan molasses. Satu cup gula setara dengan 1 1/3 cup molasses. Molasses memiliki cita rasa yang lebih kuat namun rasanya tak semanis gula pasir.

Jika sudah mencoba resep baru, ajaklah keluarga dan tetangga terdekat untuk mencicipinya. Tanyalah pendapat jujur mereka, katakana bahwa Anda sedang belajar membuat resep tersebut. Kritik dan masukan sangat diperlukan untuk perbaikan rasa dari resep tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan acuan ketika melakukan percobaan kedua.

3.Gunakan alat masak yang belum pernah dipakai

                                                       
Cobalah tengok lemari dapur Penyuka Masak, apakah ada alat masak yang belum terpakai. Jika Penyuka Masak memiliki alat pemipih adonan molen yang belum terpakai, ini saatnya untuk mencoba! Bacalah petunjuk pemakaiannya, jika tidak ada buku manual jangan putus asa. Internet selalu menyediakan informasi yang Penyuka Masak butuhkan. Setelah paham cara memakainya, carilah resep yang akan dipraktekkan. Kunci sukses lain, jangan malu bertanya dengan orang yang lebih mahir. Tanyakan apa tips sukses membuat molen kepada Ibunda tercinta atau kakak Anda.

4.Menumis dengan benar

Banyak orang menganggap sepele tumisan. Walaupun bisa disebut sebagai proses memasak yang paling mudah, namun menumis yang baik dan benar memiliki teknik tersendiri. Trik agar hasil tumisan tidak terlalu banyak air dan warna sayurannya tetap cantik adalah jangan terlalu lama mengaduk sayuran dalam wajan. Penambahan air sesungguhnya tidak diperlukan karena sayuran akan mengeluarkan sarinya sendiri. Agar tumisan lebih maknyus, tambahkan aneka seafood atau irisan tipis daging.


5.Menguasai masakan daerah asal

Pernah merasa minder karena tidak bisa memasak rendang walaupun Penyuka Masak berasal dari Padang? Inilah tahun Anda menumbangkan rasa minder tersebut. Biasanya, setiap keluarga memiliki resep turun temurun akan masakan daerah asal. Tanyakan resep tersebut pada Ibu atau tante Anda. Mintalah resep detail sekaligus tips yang kelak akan berguna saat proses memasak. Jangan patah semangat jika ternyata Penyuka Masak gagal dalam membuatnya. Berlatihlah terus dan jangan sungkan untuk meminta bantuan pada keluarga untuk mengajarkan. Mereka pasti akan dengan senang hati menurunkan keahlian memasak tersebut.

6.Mengadakan acara makan malam

Bisa dikatakan Penyuka Masak memiliki 11 bulan untuk berlatih lima poin yang sudah disebutkan di atas. Kini, waktunya untuk “tes rasa” yang sebenarnya. Ajaklah keluarga besar Penyuka Masak untuk merayakan tahun baru bersama. Hidangkan menu-menu yang sudah Penyuka Masak latih sedari beberapa bulan lalu. Jangan lupa sajikan menu masakan daerah asal. Sembari melepas rindu, tanyakan bagaimana pendapat mereka mengenai masakan tersebut. Dengan rajin berlatih, pasti Penyuka Masak akan mendapatkan pujian.

Apakah Penyuka Masak sudah siap untuk memberikan tantangan pada diri sendiri? Tentunya harus siap jika ingin lebih jago dalam urusan masak memasak. Semangat! :D

(sumber image: Gettyimages & Filma Club)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Rinawati

ide yang bagus memask dengan pasangan...

January 28, 2014

Turi Diansari (ly Prysclia)

masak brsama pasangan, bnr2 romantis deh hehehe..

January 28, 2014

Admin Sukamasak

Iya Bun Ly dan Bun Rina. Coba deh sekali-sekali masak bersama pasangan. Pasti seru dan menyenangkan :)

February 07, 2014

Sandi Permana

pengen dpt clemek/apron sukamasakdotcom deh... :)

February 14, 2014

Luciana

memasak jadi lebih istimewa bersama pasangan pasti seru banget ya

September 02, 2014