Khasiat Buah Lemon

Yudha Pratama

Khasiat Buah Lemon
Oleh: Yudha Pratama
Politeknik Negeri Jakarta


Siapa yang tidak kenal buah yang sejenis dengan buah jeruk sitru atau lemon adalah sejenis juruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Tahukah anda bahwa sebenarnya tips mengonsumsi buah lemon sebagai pelarut lemak dalam tubuh atau diet tidak sepenuhnya benar?.nah dari situ banyak yang belum diketahui tentang buah yang rasanya asam satu ini.Buah lemon memiliki rasa yang sangat asam dan banyak sekali mengandung vitamin c. Sariawan, Gigitan nyamuk juga dapat dihindari dengan mengkonsumsi buah satu ini. Berikut 9 khasiat dari buah lemon yang patut diketahui.


1. Kandungan yang ada di buah lemon berfungsi sebagai antibakteri dan jamur yang membuatnya sangat efektif mengatasi jerawat. Anda dapat menggosokkan irisan lemon langsung ke wajah, atau untuk menghilangkan noda hitam bisa mencampurkan lemon dengan madu sebelum mengaplikasikannya. Tunggu dalam lima sampai 10 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin.


2. Lemon dapat mencerahkan kulit dan mengatasi bintik-bintik hitam di wajah, serta bekas jerawat. Kandungan asam di lemon dapat mencerahkan kulit dan membuatnya makin segar. Namun hati-hati dengan bekas luka yang ada di wajah, gunakan saat kulit dalam keadaan bebas luka.


3. Memutihkan gigi. Dengan lemon, seseorang bisa berhemat tanpa harus menjalani treatment khusus, karena setidaknya buah ini dapat memutihkan gigi. Campurkan dua bahan utama, jus lemon dengan baking soda, dan tempatkan di gigi selama satu menit. Lalu bersihkan dengan sikat gigi perlahan-lahan.


4. Baik untuk kulit berminyak. Membersihkan wajah dengan sapuan kapas dan lemon sangatlah efektif. Cobalah lakukan perawatan ini sebelum beranjak tidur dan basuh muka ketika bangun pagi.


5. Membuat rambut berkilau. Buah lemon bisa dibilang sebagai highlight termurah yang membuat Anda tidak perlu lagi ke salon. Kombinasikan jus lemon dan conditioner, sisir, dan jemur di bawah sinar matahari dalam beberapa jam, lalu cuci. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu dan rambut diyakini akan lebih berkilau.


6. Memperkuat kuku. Jika kuku rapuh dan ingin sekali membuatnya kuat kenapa tidak mencoba buah lemon. Campurkan perasan jeruk lemon dengan minyak zaitun, lalu rendam kuku Anda ke dalamnya. Selain membuat kuku kuat, rendaman ini juga akan membuat kuku lebih putih.


7. Lemon mengatasi ketombe dan kulit kepala kering. Minyak kelapa, minyak zaitun, madu, dan lemon dapat menjadi alternatif untuk perawatan rambut yang berketombe dan kering.


8. Membuat bibir lebih lembab. Irisan lemon dapat menjadi perawatan bibir yang kering. Gosokkan ke bibir, dan kemudian cucilah dengan perlahan. Buah lemon akan mengangkat sel kulit mati sehingga bekas lipstik pun hilang dengan sempurna dan bibir jadi lebih sehat.


9. Membersihkan wajah dan kulit tubuh. Cobalah membersihkan wajah dengan buah lemon dan merawat kulit dengannya. Buah satu ini sangat efektif menyingkirkan kotoran dan bakteri, serta melembabkan kulit di saat yang sama.


Buah Lemon juga bisa di makan semua umur, baik anak anak taupun orang dewasa sekalipun dan mudah didapatkan.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar