Mojosari kota Onde-onde

Viktor Nainggolan

Onde-onde, merupakan kue jajanan pasar yang populer di Indonesia, yang terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen, kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota Onde-onde sejak zaman Majapahit, Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima.


Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau, variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagaionde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto, Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri, tak heran jika Pemkab Mojokerto menjadikan slogan calon ibukotanya,Mojosari, sebagai kota Onde-onde.


Onde-onde di negara tetangga dikenal dengan kuih bom, kuih bom biasanya berisi parutan kelapa manis atau kacang dan variasi pasta kacang merah. Berbeda jika di Vietnam, Vietnam selatan terkenal dengan nama banh cam dan banh ran di daerah Vietnam utara,Beda dengan banh cam, banh ran diberi pengharum bunga melati dan biasanya isinya lebih kering dari onde-onde lainnya. Isinya dapat berupa pasta kacang hijau manis bahkan kadang-kadang juga diisi dengan daging cincang, bihun dan ubi, jamur, dan bahan makanan khas Vietnam lainnya. Masyarakat setempat biasanya menyajikan kue ini dengan paduan sayur dan saus celup, dan di Cina utara disebuat matuan, di Cina timur disebut ma yuan, dan di daerah Hainan disebut jen dai. Adapula yang menyebut kue ini dengan zhimaqiu yang artinya bola wijensejak, pada zaman dinasti Tang di China dan menjadi kue resmi daerah Changan/Xian. Sebagian besar pedagang dan pendatang dari China membawa makanan tradisional ini ke wilayah China bagian selatan hingga ke Asia selatan, berikut adalah salah satu resep pembuatan Onde-onde

Resep Bahan Kulit Onde-Onde :
•250 gram teung ketan
•25 gram tepung sagu
•175 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
•1/4 sendok teh garam
•100 gram wijen, cuci, tiriskan, jemur kering
Resep Bahan Isi Onde-Onde:
•200 gram kacang hijau tanpa kulit, rendam 1 jam
•150 gram gula pasir
•1 lembar daun pandan/vanili
•50 ml air/ santan cair


Cara Membuat Onde-Onde :
1.Isi : kukus kacang hijau sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan gula, daun pandan atau vanili, jerang diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat kelerang, sisihkan.
2.Kulit : campue semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa debentuk. Bagi rata sesuai jumlah isi. Bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi, rapatkan, bentuk bulat kembali.
3.Gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen. Goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Tips Onde-onde :
Jaga agar adonan kulit Onde-Onde tetap lembap, tutup dengan plastik. Bila perlu percikkan sedikit air, supaya wijen melekat baik pada kulit adonan. Semoga bermanfaat . (vn)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar