Kapan MP-ASI Dapat Diberikan?

Admin Sukamasak

Adakah Penyuka Masak yang memiliki bayi berumur 6 bulan? Setelah memberikan ASI eksklusif, Penyuka Masak sudah bisa loh memberikan makanan bayi. Karena di umur 6 bulan, bayi mulai memperlihatkan minatnya terhadap makanan selain ASI. Tanda-tandanya bisa dilihat ketika si kecil mulai menghisap jarinya sendiri atau sering terbangun ketika tidur karena kelaparan. Jika si kecil menunjukkan tanda tersebut, Penyuka Masak bisa langsung mulai memberikan MP-ASI alias makanan pendamping ASI.


Hal yang perlu diingat adalah pencernaan bayi belum sekuat pencernaan dewasa, jadi pemberian MP-ASI harus dilakukan bertahap. Biasakan si kecil dengan makanan lunak sari buah (biasanya papaya, pisang, atau jeruk manis) dan bubur susu. Kemudian Penyuka Masak bisa memberikan makanan sedikit padat seperti sereal dengan susu atau bubur. Jika si kecil sudah terbiasa makan makanan lunak, selanjutnya bisa diberikan tim saring yang diperkaya dengan sayur dan daging atau ikan.


Lalu jenis makanan pendamping ASI apa saja yang dapat diberikan pada bayi sesuai umurnya? Yuk, kita lihat table di bawah ini.


Pada dasarnya makanan bayi dapat diproses dengan tiga cara yaitu direbus, dikukus, dan diblender. Ketika merebus, jangan sampai overcook agar kandungan gizi dan vitamin yang terdapat dalam makanan tidak rusak atau hilang. Jika ingin rasa dan kandungan vitamin dalam makanan tidak hilang, Penyuka Masak bisa memproses MP-ASI dengan cara mengukusnya. Proses memasak yang satu ini sangat dianjurkan untuk makanan yang mengandung vitamin B dan C karena vitamin tersebut mudah rusak jika dimasak terlalu lama. Cara yang paling mudah untuk melunakkan nasi tim atau buah-buahan adalah dengan diblender dan ditambahkan sedikit air matang atau kaldu supaya hasilnya halus.


Adapun yang harus diperhatikan Penyuka Masak adalah ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh diberikan kepada bayi usia 0-1 tahun, yaitu putih telur, madu, susu sapi segar, kacang-kacangan, gandum, ikan dan kerang, durian, nangka, cempedak, kol, dan tape. Selain itu, bayi dibawah 1 tahun sebaiknya tidak diberikan gula dan garam dalam makanannya. Gula dapat menyebabkan obesitas pada bayi dan memicu si kecil agar cepat kenyang sehingga menolak makanan lain. Sedangkan garam kurang baik dikonsumsi bayi karena dapat membebani kinerja ginjalnya.

Jika si kecil sudah siap dan umurnya sudah cukup, tidak perlu ragu untuk memberikan MP-ASI ya, Penyuka Masak. Jangan lupa untuk membuat MP-ASI sendiri agar si kecil mendapatkan makanan sehat.

(sumber image: gettyimages) 

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar