Bagaimana Melelehkan Frozen Food

Admin Sukamasak

Membekukan (freezing) adalah cara paling mudah untuk menyimpan dan memperlama daya tahan makanan, tapi melelehkan atau mencairkannya (thawing) perlu trik tersendiri. Makanan atau bahan makanan yang biasanya dibekukan adalah aneka daging dan sayuran. Kali ini Suka Masak akan membahas cara terbaik dan tercepat untuk melelehkan makanan tersebut (frozen food). Sebelumnya, jangan lupa untuk selalu membekukan makanan dalam keadaan tertutup rapat. Bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau diselubungi dengan plastic wrap atau freezing paper.

1.Hindari suhu ruang!
Mengapa kita tidak boleh melelehkan makanan dalam suhu ruang? “Zona berbahaya” berkembangnya bakteri dalam makanan berada pada suhu 5°C sampai 60°C. Perlu diingat, suhu ruang biasanya berada dalam tengah-tengah suhu di atas, yakni 20°-22°C. Daging beku yang ditaruh dalam suhu ruang akan cepat meleleh dalam beberapa jam, namun daging ini akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri juga. Terlebih lagi daging yang dalamnya mulai melunak, tapi bagian luarnya sudah bersuhu ruang. Daging dengan kondisi ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena kemungkinan besar sudah mengadung bakteri E. Coli, walaupun dimasak dengan dengan suhu tinggi (> 100°C).

2.Turunkan ke area chiller! (fridge-thawed)
Teknik melelehkan yang paling sering dilakukan dan yang paling aman adalah dengan mengeluarkan frozen food dari freezer kemudian menyimpannya dalam kulkas, khususnya chiller. Cara ini memang memakan waktu lebih lama dari proses lain, tapi terhitung aman karena makanan ditaruh dalam suhu dingin dimana bakteri tidak bisa berkembang.


(sumber foto: gettyimages)

Keuntungan lainnya, suhu pada kulkas dapat dikontrol atau diatur oleh kita. Pastikan temperatur berada di bawah 4°C. Suhu paling baik adalah 1°-4°C. Sebab dilelehkan dalam keadaan dingin, tidak ada bagian daging yang meleleh lebih dahulu. Mulai daging plaing luar sampai paling dalam akan meleleh secara bersamaan. The United States Department of Agriculture atau Kementrian Pertanian Amerika mengatakan bahwa proses freezer-to-fridge menghasilkan bahan makanan yang aman dan dapat dibekukan kembali. Sebagai tambahan, waktu untuk melelehkan tergantung dari ukuran makanan, biasanya membutuhkan waktu 8-24 jam.

3.Rendam dengan air dingin! (cold-water-thawed)
Ada satu cara yang lebih cepat dari proses di atas. Jika Penyuka Masak ingin segera memasak frozen food, merendamnya dengan air dingin adalah yang terbaik. Walaupun begitu, cara ini sedikit rumit.
Bungkus rapat-rapat daging atau buah beku dengan plastic wrap. Pastikan tidak ada bagian yang terbuka sedikitpun. Jika makanan tersebut sudah dibungkus dengan plastic wrap, untuk berjaga-jaga bungkus dengan plastik zip. 



(sumber foto: wikihow)

Siapkan mangkuk yang ukurannya lebih besar dari ukuran makanan beku, isi dengan air dingin atau air yang sudah didinginkan dalam kulkas. Pastikan frozen food terrendam dalam air. Setelah 30 menit air akan menjadi tidak dingin lagi, ganti air sesegera mungkin. Biasanya frozen food akan mencair setelah satu jam atau bisa lebih cepat, tergantung ukurannya. Hal yang patut diingat adalah, cara ini hanya cocok untuk makanan yang akan segera dimasak. Frozen food yang telah dicairkan dengan cara seperti ini tidak bisa dibekukan kembali.

4.Rendam dalam air panas! (hot-water-thawed)
Jika Penyuka Masak terburu-buru untuk memasak frozen food. Gunakan cara yang satu ini: rendam dengan air panas minimal 60°C. Studi yang dilakukan oleh Kementrian Pertanian Amerika menyatakan bahwa merendam makanan beku dalam air panas akan mempercepat proses pencairan tanpa merubah rasa. Maksudnya, tidak ada perbedaan rasa dari frozen food yang dicairkan dengan cara fridge-thawed. Jangan lupa untuk langsung mengolah makanan setelah benar-benar mencair.

(sumber foto: followpics)


5.Masak sayuran beku!
Berbeda dengan daging, sayuran beku tidak perlu dilelehkan. Sayuran beku hanya perlu direbus. Biasanya, sayuran dibekukan setelah melalui proses pemetikan dan pembersihan. Artinya, masih banyak terdapat kandungan gizi di dalamnya. Proses pelelehan justru akan mengakibatkan hilangnya kandungan gizi tersebut.
Biasanya, satu pak frozen veggies dapat direbus dengan 400 mililiter air mendidih. Penyuka Masak juga bisa memasak frozen veggies dengan memanaskannya dalam microwave. Masukan sayuran dalam wadah, kemudian tambahkan air sampai 1/3 wadah. Panaskan selama 2-4 menit.

Pastikan Penyuka Masak memilih cara melelehkan frozen food yang benar, sesuai kebutuhan. Cara yang salah bisa menimbulkan penurunan kualitas pada bahan makanan.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Tags: