"Sampah" Dapur Yang Dapat Ditanam Kembali

Admin Sukamasak

Setiap hari pasti ada saja sampah rumah tangga terutama di dapur Penyuka Masak. Kira-kira sampah apa yang paling banyak di dapur? Pasti sampah sayuran dan rempah-rempah. Karena harganya yang murah dan mudah didapatkan, kita seringkali membuangnya. Padahal hanya perlu dipotong sedikit, jenis “sampah” ini dapat tumbuh kembali.

Secara teknis, kita dapat menumbuhkan kembali berbagai buah, sayur, atau rempah dari sisanya atau bibit. Menanam makanan yang menjadi konsumsi sehari-hari tentu menyenangkan. Tidak perlu mengganggu belanja harian, hanya perlu sedikit tenaga untuk merawat dan memetiknya. Ini dia beberapa tanaman yang dapat ditanam kembali tanpa perlu membeli bibit.

1.Romaine Lettuce atau Cos
Lettuce jenis ini adalah jenis yang paling banyak dipakai dalam jenis makanan, baik salad maupun sandwich. Buat Penyuka Masak yang suka membuat salad atau sandwich pasti sering membeli sayuran ini. Daripada membuang bonggolnya, Penyuka Masak dapat menumbuhkan kembali daun selada ini loh.


(sumber foto: mnn)

Ambil bonggol lettuce, kemudian taruh dalam toples bekas yang berisi air setinggi 2 cm. Taruh dekat jendela di mana sinar matahari dapat masuk. Jangan lupa ganti airnya sehari atau dua hari sekali. Dalam beberapa hari, Penyuka Masak akan mendapati lettuce ini mengeluarkan tunas daun baru. Biarkan lettuce tumbuh, jika ada daun layu yang kecoklatan segera pangkas. Lettuce merah dan lettuce hijau lainnya dapat ditanam kembali dengan cara ini.


2.Kucai


(sumber foto: mennonite)

Jenis bawang ini adalah yang paling mudah tumbuh. Ambil sisa batang bersama akarnya, lalu masukkan dalam gelas yang berisi air. Atur daun bawang agar akarnya menghadap ke bawah. Ganti airnya setiap dua hari sekali. Dalam seminggu, sisa akar ini akan tumbuh menjadi daun bawang baru.

3.Adas (Fennel)

(sumber foto: gettyimages)

Karena rasanya yang kuat, Adas biasanya digunakan hanya sedikit bagian. Penyuka Masak bisa menanamnya kembali loh. Ambil bonggolnya kemudian taruh dalam gelas dan isi dengan air sehingga bonggolnya tertutup. Taruh gelas atau wadah tersebut agar terpapar sinar matahari, lihat dalam beberapa hari tunas akan muncul. Ganti airnya dua hari sekali dan potong sebagian adas jika ingin diolah.

4. Daun Bawang 


(sumber foto: pinterest)

Daun bawang seringkali digunakan untuk sup dan sangat mudah ditanam kembali hanya dengan perantara air. Ambil 3-4 cm batang beserta akar daun bawang, benamkan dalam air, dan taruh di dekat jendela yang terpapar sinar matahari selama beberapa hari. Pasti daun bawang akan tumbuh dalam waktu seminggu.

Setelah mengetahui trik ini, Penyuka Masak bisa mencoret daftar belanja bahan-bahan di atas karena sudah memilikinya sendiri di rumah. Enak sekali, kan? J

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Dwina Isti Yuliandi

infonya bermanfaat sekalii..slama ini sya membuang akar daun bawang saat membersihkan sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.. mau coba ah..

July 05, 2014

Tags: