Cara Terbaik Mengolah Makanan Sisa

Admin Sukamasak

Roti, keju, dan es krim merupakan makanan yang hampir selalu tersedia di dapur. Karena dianggap mudah dalam pengolahan dan rasanya enak, makanan ini seringkali diolah menjadi menu sehari-hari. Tapi, tak jarang juga makanan tersebut tersisa sehingga tidak diolah sampai menuju masa kadaluarsanya. Kali ini, Suka Masak akan membantu Anda untuk menyulap makanan sisa menjadi menu asyik yang bisa dinikmati oleh keluarga.

•Roti
Ketika roti yang ada di dapur mulai memasuki tanggal kadaluarsa, Penyuka Masak tidak perlu membuangnya. Gunakan potongan roti tersebut untuk dibuat French toast atau dipanggang dengan Filma margarin. Melalui proses pemanasan, roti tawar akan menjadi lembab dan lembut. Dengan cara yang hampir sama, Penyuka Masak dapat mengolah roti tawar menjadi pudding roti.

Selain mengembalikan kelembaban dari roti tawar dengan margarin, Penyuka Masak juga bisa mengolahnya menjadi roti yang kering. Potong-potong roti dan buatlah croutons untuk salad. Cara membuatnya sangat mudah. Biasanya roti dipotong bentuk dadu kecil kemudian diberi olesan margarin, taburi sedikit garam, dan merica, kemudian panggang sampai kering. Bisa juga digoreng dengan minyak sampai garing dan kecoklatan supaya rasanya gurih dan teksturnya renyah. Croutons sangat pas disantap bersama sup kental.

•Keju
Jika Penyuka Masak memiliki sisa keju tak terpakai di kulkas, Penyuka Masak tetap bisa mengolahnya menjadi dua menu yang lezat. Pertama, Penyuka Masak bisa membuat cheese sauce yang bernama Fromage Fort. Campurkan keju, garam, lada, bawang putih halus, dan sedikit jus apel segar. Aduk rata sampai semua bahan menyatu, buat saus dengan kekentalan sesuai selera. Oleskan saus ini di atas crackers atau roti, kemudian panggang.


(sumber: pixabay)

Selain itu, sisa keju Parmesan juga bisa dibuat menjadi penyedap rasa untuk sup loh. Lelehkan keju secukupnya di atas wajan, kemudian campur ke dalam sup. Penyuka Masak juga bisa mengolah lelehan keju Parmesan menjadi fondue untuk cocolan biscuit atau kerupuk. Nikmat!

•Aneka daging
Salah satu olahan yang paling sering dibuat dari daging sisa adalah kaldu. Tidak hanya daging, tulangpun bisa dibuat menjadi kaldu. Rebus daging bersama beberapa jenis sayuran dengan air secukupnya. Cara detail membuat kaldu dapat dilihat di sini http://sukamasak.com/artikel-tips/2014/03/kaldu-rahasia-masakan-enak


(sumber: pixabay)

Nah, jika suatu waktu Penyuka Masak menghidangkan steak untuk tamu tapi steak tersebut tidak tersentuh, Penyuka Masak dapat membuatnya menjadi semur. Dengan mengolahnya menjadi semur, daging steak yang mulai mengeras akan kembali lembut, juicy, dan lezat kembali.

Lain halnya jika Penyuka Masak membuat sup yang banyak mengandung tulang dan tulang tersebut tidak termakan, Penyuka Masak dapat menggunakannya sebagai pupuk loh. Tulang kaya akan nitrogen yang dapat menggemburkan tanah tanpa perlu pupuk urea. Sebelum ditaruh pada tanah, hancurkan tulang menjadi serpihan kecil terlebih dahulu. Tanam tulang dalam tanah. Jangan sebarkan di atas tanah karena dapat mendatangkan semut.

•Es krim

Meskipun jarang sekali ada es krim yang tidak termakan, tapi tips ini akan berguna untuk Penyuka Masak. Sulap sisa es krim menjadi muffin! Siapkan 500 ml es krim yang dicampur dengan 250 gram self-rising flour (tepung terigu yang sudah ditambahkan bahan pengembang dan garam). Panggang dengan suhu 220°C selama 20-25 menit. Mungkin terlihat aneh menggunakan es krim sebagai bahan dasar muffin, tapi es krim mengandung susu, telur, dan gula. Semua kandungan tersebut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat muffin.

•Sisa buah dan sayuran
Apa saja sisa buah yang dimaksud di sini? Bulir atau ampas sisa perasan jeruk untuk membuat jus. Tambahkan bulir atau ampas, kayu manis batang, dan jahe pada air. Panaskan dengan menggunakan panci sampai mendidih. Voila! Penyuka Masak sudah mendapatkan teh buah yang sangat nikmat dan sehat.
Potongan sayuran yang tidak terolah, bisa dibuat menjadi kaldu sayur. Selain itu, beberapa jenis sayuran seperti selada, kucai, daun bawang, dan adas bisa ditanam kembali hanya dengan media air. Cek cara selengkapnya di sini http://sukamasak.com/artikel-tips/2014/05/sampah-dapur-yang-dapat-ditanam-kembali !

Kita sudah sering melakukan kebiasaan membuang apa yang tidak terpakai, namun bukan berarti kita tidak bisa mengeluarkan sedikit usaha untuk me-recycle bahan masakan yang masih layak untuk dikonsumsi. Ternyata ada keseruan tersendiri loh! Jika kita bisa menemukan cara baru pengolahan makanan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dan cara ini, pastinya merupakan salah satu gerakan berhemat :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Rachel Tiranda

Makasih infonya :) akhirnya makanan tidak mubazir :)

August 25, 2014