Manfaat Memasak Bagi Si Kecil

Admin Sukamasak

Mengirahanya orang dewasa saja yang bisa memasak? Tidak selalu loh Penyuka Masak! Si kecil pun mampu melakukannya. Memasak bersama si kecil bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain Penyuka Masak dapat mengenalkan aneka jenis sayur, buah-buahan, kandungan gizi, dan manfaat bagi tubuh, memasak juga dapat melatih motorik halus anak loh.


Bagaimana memasak dapat melatih motorik halus?

Motorik halus merupakan kemampuan mengkoordinasi gerakan otot kecil pada anggota tubuh yang melibatkan jari tangan dan koordinasi mata. Keterampilan motorik halus adalah memegang, menulis, menggunting, dan lain-lain.

Memasak adalah rangkaian kegiatan yang banyak menggunakan gerakan tangan serta konsentrasi. Mulai libatkan si kecil pada proses awal memasak. Ajak si kecil memilih resep apa yang akan dimasak, kemudian ajak ia berbelanja. Dengan begitu, si kecil akan merasa dihargai pendapatnya. Ajarkan ciri-ciri bahan yang berkualitas baikdan arahkan si keciljuga untuk memilih bahan pengganti. Misalnya, cabai merah bisa diganti dengan paprika, tempe bisa diganti dengan tahu. Selain mengenalkan bahan makanan, si kecil juga akan belajar bahwa dalam hidup selalu ada pilihan, selalu ada halangan, dan solusi pasti bisa ditemukan.

Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak. Memasuki proses awal memasak,kenalkan si kecil pada alat masak dan fungsinya. Ajarkan cara menggunakan pisau dengan benar, cara mencuci bahan makanan hingga bersih, dan memotong bahan makanan. Jika si kecil masih balita, jangan biarkan iaberdekatan dengan benda tajam dan api. Biarkan balita membantu menimbang dan mencuci sayuran. Jika anak sudah cukup umur, ajarkan cara menimbang bahan yang tepat, memotong dengan pisau, menggunakan kompor, atau mengaduk masakan. Semua kegiatan ini harus tetap dalam pengawasan Penyuka Masak ya, jaga agar si kecil tidak melakukan kegiatan berbahaya.

Saat menyajikan hidangan, ajarkan memilih perlengkapan makan yang sesuai seperti, mangkuk untuk masakan berkuah, piring hias untuk lauk, piring biasa untuk nasi, dan wadah untuk sambal. Jangan lupa beri pengetahuan kapan waktunya menggunakan sendok, garpu, atau sumpit serta cara menggunakannya. Sajikan makanan dengan rapi dan bersih. Penyuka Masak juga bisa mengajarkan si kecil membuat garnis sederhana dari tomat, wortel, atau daun selada.

Ajak anak untuk menyendok dengan benar dan meletakkan masakan pada piranti saji tanpa berantakan.


Apa manfaat mengajak si kecil memasak?

Dengan melibatkan si kecil mulai dari menentukan pilihan menu, anak akan merasa dihargai pendapatnya. Secara tidak langsung juga, anak akan belajar menentukan pilihan dan bertanggung jawab terhadap pilihan tersebut. Si kecil pun akan lahap menyantap masakan yang ia buat karena merupakan menu pilihan dirinya yang pasti merupakan makanan favorit.

Rangkaian kegiatan ini juga memberikan pengetahuan kuliner pada anak. Ia akan mengetahui urutan memasak dengan benar. Si kecil juga akan menyadari betapa pentingnya menyajikan hidangan yang bersih tanpa mengurangi rasa dan tampilan dari hidangan tersebut. 

Sesudah memasak, ada baiknya melakukan evaluasi bersama. Bukan untuk mencari kesalahan namun untuk pembelajaran berikutnya. Apakah hidangan sudah cukup matang, bagaimana estetika hidangan, dan bagaimana rasanya. Beri pujian yang tulus, misalnya karena pekerjaannya yang rapi, rasanya enak, atau kreatifitasnyadalam penyajian. Dengan begitu, si kecil akan semangat dan senang untuk kembali melakukan kegiatan serupa.

Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk mengajak anak untuk memasak ya. Selain dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga, motorik halus si kecil juga akan terstimulasi sehingga kelak menjadi anak yang cerdas dan aktif :)


(sumber foto: pinterest)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar