Pilihlah Pasta Sesuai Sajian!

Admin Sukamasak

Pada dasarnya pasta terdiri dari dua macam yakni, pasta kering dan pasta basah. Keduanya memiliki kualitas dan kegunaan yang berbeda untuk masing-masing menu. Bahan yang digunakan untuk menghasilkan pasta sebenarnya sama, perbedaannya terletak pada proses pembentukan pasta. Bahan-bahannya yaitu tepung durum/semolina, air, dan telur. Ketiga bahan tersebut diolah menjadi adonan lalu digiling atau dipipihkan kemudian dipotong.


Apa perbedaan kualitas pasta kering (dried pasta) dengan pasta basah (fresh pasta)?

Dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa pasta kering adalah pasta yang dikeringkan dan dijual secara komersil sedangkan pasta basah adalah pasta yang masih berupa adonan fresh untuk langsung diolah menjadi sajian. Bagaimana kedua pasta tersebut dibuat akan menentukan kualitas pasta. Biasanya pasta digiling (seperti menggiling daging) atau dilaminasi (seperti membuat kulit pisang molen). 


Pasta giling atau yang disebut dengan extruded pasta diproduksi untuk kebutuhan komersial (dijual dalam kemasan)dan digiling menggunakan mesin. Pada corong mesin terdapat cetakan yang bisa disesuaikan dengan bentuk pasta yang diinginkan. Pasta yang dilaminasi atau yang disebut dengan laminated pasta biasanya dibuat untuk menghasilkan fresh pasta. Adonan dilipat kemudian dipipihkan menggunakan mesin sehingga menghasilkan lembaran pasta. Lembaran ini kemudian dipotong menggunakan alat sehingga bentuknya cantik. Selain dipotong dengan alat, bisa juga dipotong menggunakan pisau sehingga bentuknya bisa disesuaikan dengan selera.

Bagaimana memilih antara pasta kering dengan pasta basah?


Sebelum memilih jenis pasta yang akan dimasak, pastikan terlebih dahulu tingkat kematangan pasta seperti apa yang Penyuka Masak inginkan, matang atau al dente. Hanya pasta kering yang dapat menghasilkan al dente pasta. Banyak chef yang memilih pasta basah yang dipipihkan untuk beberapa jenis sajian karena teksturnya lembut dan halus. Selain itu, memasak menggunakan pasta basah bisa membebaskan chef untuk mengatur ketebalan, rasa, dan isian. Fresh laminated pasta sangat baik diolah menjadi ravioli dan tortellini.

Kualitas pasta kering


Kualitas pasta kering ditentukan dari proses pembuatannya dan pencetakkannya. Pasta kering yang baik adalah berwarna kuning pucat dan teksturnya kasar. Pasta dengan tekstur yang kasar akan lebih mudah menyerap bumbu. Untuk menghasilkan menu pasta yang lezat,jangan ragu untuk menggunakan pasta yang harganya lebih mahal dibanding produk lainnya karena sudah pasti kualitasnya akan lebih bagus


(sumber foto: rouxbe)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar