Jangan Ragu Gunakan Minyak Sawit

Admin Sukamasak

 

Banyak anggapan yang beredar pada kalangan masyarakat awam bahwa minyak goreng kurang baik bagi kesehatan tubuh. Apakah benar seperti itu, Penyuka Masak?

Minyak goreng yang lazim di gunakan di Indonesia adalah minyak goreng kelapa sawit, kita tengok dulu yuk, apa saja sih keunggulan minyak goreng berbahan dasar kelapa sawit. Berbagai penelitian membuktikan bahwa minyak yang diproduksi dari buah kelapa sawit mempunyai karakteristik unik yang unggul dibanding minyak goreng jenis lainnya.

1.      Aman untuk digunakan 

Ternyata minyak kelapa sawit sudah dikonsumsi sejak 5000 tahun yang lalu loh, Penyuka Masak. Penggunaan ini sudah menyebar ke berbagai negara, jadi bisa dikatakan minyak kelapa sawit sudah dikenal dan dipercaya masyarakat sebagai minyak goreng yang aman.

Jika dibandingkan dengan minyak jenis lainnya, minyak kelapa sawit sangat stabil pada titik didih tertingginya. Maksudnya stabil adalah, minyak tidak cepat teroksidasi (menghitam) dan tidak cepat berubah bentuk menjadi lemak trans (Trans-Fat) yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

2. Bisa diaplikasikan untuk banyak kegunaan

Minyak kelapa sawit stabil pada titik didih tinggi, maka minyak sawit aman di gunakan untuk  menumis, menggoreng dan deep frying. 

 

3. Sumber nutrisi penting bagi tubuh seperti Omega 6, Omega 9 dan Vitamin E

 

Radikal bebas yang sebenarnya secara alami terdapat dalam tubuh bisa meningkat ketika kita dalam kondisi stress dan bekerja keras. Selain berasal dalam tubuh, radikal bebas juga didapatkan dari polutan dan makanan.

Minyak kelapa sawit memiliki 3 nutrisi penting alami  bagi tubuh yaitu :

Manfaat 3 Nutrisi Alami

- Omega 9

Merupakan asam lemak tak jenuh, membantu menurunkan kadar LDL (Kolesterol jahat) dalam darah.

- Omega 6

Merupakan asam lemak essential, membantu mempertahankan kadar HDL (Kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Juga baik untuk perkembangan otak anak di masa pertumbuhan.

- Vitamin E

Tokoferol dan tokotrienol (salah satu bentuk vitamin E) yang terdapat dalam minyak sawit berperan sebagai antioksidan alami, menangkap radikal bebas. Kenapa? Karena mereka berperan melindungi sel-sel dari proses kerusakan, penuaan, dan penyakit degenerative seperti atherosclerosis dan kanker.

- Mencegah kerusakan minyak (bau, tengik).

Minyak goreng sawit yang berwarna jernih kuning keemasan dapat dipastikan mengandung Beta Karoten alias pro-vitamin A yang sangat tinggi, yang bila di perlukan tubuh dapat berubah menjadi vitamin A. Maka, pilihlah minyak goreng yang berwarna Jernih Bernutrisi.

Nah, bagaimana Penyuka Masak, sudah semakin yakin kan, menggunakan minyak kelapa sawit sebagai minyak untuk menggoreng? Selain berkualitas tinggi, minyak kelapa sawit juga memiliki segudang manfaat kesehatan.

Pilihlah selalu minyak goreng sawit yang terpercaya, jernih bernutrisi,  FILMA! :)

 

(Sumber: Majalah Infosawit Oktober 2010)

 

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Rachel Tiranda

Katanya dengan Minyak sawit malah lebih alami VCOnya ya min ?

September 03, 2014

Admin Sukamasak

Iya bu Rachel,karena berbahan dasar kelapa sawit :-)

September 03, 2014

Tags: