Kenali Jenis Vitamin serta Fungsinya untuk Tubuh!

Admin Sukamasak

Ternyata ada bahan makanan yang mengandung hampir semua jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Mau tahu lebih jauh? Yuk, simak pembahasannya.

Penyuka Masak pasti sudah mengetahui bahwa begitu banyak jenis vitamin yang berguna untuk tubuh. Secara awam, kita mengenal vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin B mampu mencegah penyakit beri-beri, dan vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh. Namun, apakah Penyuka Masak sudah mengetahui fungsi dan perbedaan dari masing-masing vitamin tersebut secara mendalam?

Vitamin merupakan senyawa yang mampu memberikan efek kesehatan bagi tubuh. Bila kebutuhan senyawa ini tidak tercukupi, maka dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya vitamin yaitu avitaminosis. Asupan vitamin bisa didapatkan dari sumber makanan nabati maupun hewani. Sayur dan buah-buahan terkenal mengandung berbagai macam vitamin.

Secara garis besar vitamin dapat dikelompokkan menjadi dua macam yakni, vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air hanya ada dua, vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan dalam jaringan lemak dan di dalam hati. Vitamin ini hanya dikeluarkan oleh sistem tubuh pada saat diperlukan. Lalu, apa lagi perbedaan dari masing-masing vitamin?

1.Vitamin A
Dikenal juga dengan nama retinol, vitamin ini merupakan salah satu komponen penting penyusun pigmen mata di retina. Vitamin A memiliki peran dalam menghasilkan indra penglihatan yang baik, terutama pada malam hari. Sumber vitamin A biasanya terkandung dalam susu, ikan, sayur yang berwarna hijau dan kuning, dan buah dengan warna merah dan kuning.

2.Vitamin B1
Senyawa ini berperan sebagai penjaga kesehatan kulit dan pengubah karbohidrat menjadi energi. Tubuh sangat memerlukan tiamin alias vitamin B1 untuk memproses nasi atau makanan pokok lainnya menjadi energi yang diperlukan untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Temukan B1 dalam makanan seperti gandum, kedelai, susu, kacang-kacangan, dan hati.

3.Vitamin B2
Riboflavin alias vitamin B2 memiliki enzim koenzimflavin mononukleotida dan flavin adenine dinukleotida yangberperan sebagai regenerasi energi dalam tubuh melalui respirasi (siklus bernapas). Vitamin B2 juga berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah, glikogen, dan membantu pertumbuhan kulit, rambut, serta kuku. Vitamin B2 dapat ditemukan pada kacang kedelai, kuning telur, dan susu.

4.Vitamin B3
Vitamin yang memiliki istilah lain yakni, niasin, terkandung dalam daging unggas dan ikan. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh diolah dengan bantuan vitamin B3 agar menjadi energi, lemak, dan protein. Vitamin B3 juga mampu menetralisir berbagai jenis racun dalam tubuh.

5.Vitamin D
Tidak sulit menemukan vitamin D. Ikan, telur, susu dan produk olahan susu merupakan sumber vitamin D yang baik. Tulang merupakan bagian tubuh yang pertumbuhan dan pemeliharaannya bergantung dengan vitamin D. Vitamin D bekerja dalam tubuh dengan membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang.

6.Vitamin E
Tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang disebabkan oleh polusi atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Vitamin E adalah senyawa antioksidan alami yang dimanfaatkan tubuh untuk melindungi jaringan kulit, sel darah merah, hati, dan mata dari bahaya penyakit. Sumber vitamin E terbaik bisa didapatkan dari minyak tumbuh-tumbuhan dan kuning telur.

7.Vitamin K
Peran vitamin K dalam tubuh adalah menjaga sistem peredaran darah agar berjalan lancar dan baik serta membantu penyembuhan luka. Dapatkan vitamin K dengan mengonsumsi susu, kuning telur, dan sayuran segar.

Sekarang sudah jelas apa peran masing-masing vitamin dalam menjaga kesehatan tubuh. Semua vitamin tersebut bisa didapatkan dari berbagai macam bahan makanan. Namun, tidak semua bahan makan harus dikonsumsi secara bersamaan untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Ada bahan makanan yang mengandung hampir semua jenis vitamin, seperti margarin. Dengan mengolah bahan makanan lain menggunakan margarin yang bernutrisi, mampu melengkapi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Filma margarin merupakan pilihan tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, karena memiliki semua karakteristik dan keunggulan margarin yang sehat, berkualitas, dan bernutrisi. Filma margarin dilengkapi dengan nutrisi penting seperti omega 6, omega 9, dan Pro vitamin A dan juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin D3, dan vitamin E yang sangat dibutuhkan bagi metabolism tubuh. 

Kualitas Filma margarin tidak perlu diragukan lagi, karena diproduksi dari bahan baku terbaik dari perkebunan milik sendiri dengan standar terkendali mutu tertinggi. Terbuat dari 100% bahan nabati bebas kolesterol sehingga tak perlu ada kekhawatiran untuk mengkonsumsinya.

Berbagai aneka produk dan bahan makanan yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, pastikan memilih yang tepat untuk kesehatan jangka panjang Penyuka Masak dan keluarga tercinta.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Rachel Tiranda

sungguh bermanfaat :)

September 30, 2014

Admin Sukamasak

Pastinya dong, Bunda.Bunda menggunakan Filma margarin juga kan? :)

October 01, 2014