Phobia Makanan? Ada!

Admin Sukamasak

Penyuka Masak memiliki phobia? Takut terhadap laba-laba, ular, atau ketinggian merupakah jenis phobia umum yang kita ketahui. Ternyata ada orang yang memiliki phobia terhadap makanan. Beberapa orang memiliki ketakutan terhadap selai kacang. Bukan serta merta takut terhadap selai kacang namun memiliki ketakutan selai kacang akan menempel di langit-langit mulut. Menurut dokter, bahkan ada pasien yang percaya tidak bisa membuka mulutnya jika ia mengonsumsi selai kacang. Selai kacang juga mampu menyebabkan serangan panik seperti sesak nafas, detak jantung tak beraturan, berkeringat, mual, mulut kering, gemetar, bahkan kelu lidah.

Selain selai kacang, ternyata ada beberapa makanan lain yang diketahui dapat menimbulkan phobia, di antaranya:

1.Mycophobia – Takut terhadap jamur
Harus diakui penampilan jamur yang baru dipanen memang tidak begitu menggiurkan karena biasanya tertutup oleh debu, kotoran, atau pupuk. Banyaknya kotoran yang ada pada jamur mendasari timbulnya phobia bagi sebagian orang.

2.Alliumphobia – Takut terhadap bawang putih
Tidak hanya vampire dalam film yang takut akan bawang putih. Orang yang mengidap Alliumphobia akan merasa terancam dengan bau bawang yang kuat.

3.Ichthyophobia – Takut terhadap ikan
Banyak orang yang takut akan gigi hiu yang sangat runcing. Hal ini sangat wajar karena ketakutan tersebut masih beralasan dan tidak disebut phobia. Namun apa jadinya jika ada orang yang phobia terhadap semua jenis ikan, bahkan ikan badut yang lucu sekalipun? Ichthyophobia tidak akan mau makan apapun yang mengandung ikan. Mereka juga takut terhadap bau amis ikan.

4.Lachanophobia – Takut terhadap sayuran

(sumber foto: photobank)

Penyuka Masak harus bisa membedakan anak pemilih makanan dengan yang memiliki phobia terhadap sayuran. Hampir sama seperti phobia jamur, pengidap Lachanophobia berpendapat bahwa sayuran berasal dari tanah yang mengandung banyak kotoran.


Penyuka Masak sudah mengetahui beberapa phobia terhadap makanan. Sekarang, Suka Masak akan berbagi mengenai jenis phobia yang berhubungan dengan kegiatan memasak dan mengonsumsi makanan. Simak penjelasannya pada tulisan di bawah!

1.Mageirocophobia – Takut terhadap kegiatan memasak

(sumber foto: photobank)

Phobia ini memiliki banyak bentuk. Beberapa orang hanya takut untuk melakukan kegiatan memasak dalam jumlah besar, beberapa orang lainnya memiliki ketakutan tak berdasar ketika akan mengocok telur. Mageirocophobia disebut-sebut sebagai phobia yang biasa ditemukan di masyarakat. Phobia adalah segala sesuatu yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari karena ketakutan tersebut.

2.Cibophobia – Takut terhadap makanan atau kegiatan mengonsumsi sesuatu

Ketakutan ini berasal dari rasa khawatir bahwa makanan yang dikonsumsi dapat mengancam sistem pencernaan tubuh, jadi cibophobia biasanya akan menghindari makanan yang dapat menimbulkan phobia seperti daging, seafood, atau bahkan sayur-sayuran.

Objek yang paling sering ditakuti adalah mayones dan mikl. Cibophobia biasanya juga terobsesi dengan tanggal kadaluarsa, mereka akan membuang semua makanan yang mendekati tanggal kadaluarsa. Beberapa penderita Cibophobia suka mengendus makanan yang akan dikonsumsi hanya untuk memastikan bahwa makanan tersebut baik-baik saja.

Jika phobia ini sudah berubah menjadi obsesi, penderita akan melakukan diet ketat yang dapat membahayakan kesehatan dan menimbulkan perasaan cepat lelah, pusing, dan cepat terpicu amarahnya karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kini Penyuka Masak sudah mengetahui phobia apa saja yang berkaitan dengan makanan, bedakan dengan alasan si kecil yang suka memilih makanan. Picky eater hanya mau makanan tertentu dengan rasa yang menurutnya enak seperti nugget, mi instan, atau fast food. Sedangkan phobia adalah ketakutan berlebihan terhadap sesuatu yang mengganggu tubuh atau kegiatan sehari-hari.

Semoga Penyuka Masak tidak ada yang mengidap phobia ini ya :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Rachel Tiranda

Artikelnya bagus untuk di share

September 30, 2014

Admin Sukamasak

Silahkan dishare, Bunda Rachel. Bisa langsung pencet tombol icon Facebook, Twitter yang ada di sebelah tombol Print this. Menshare artikel jadi lebih mudah ;)

October 01, 2014