Ternyata Tubuh Tidak Bisa Bekerja Sendirian Untuk Menyerap Nutrisi Penting Loh!

Admin Sukamasak

Apa sih nutrisi itu? Samakah kebutuhan nutrisi tiap orang? Atau nutrisi bisa didapatkan dari mana? Pertanyaan-pertanyaan ini pasti pernah terlintas di pikiran Penyuka Masak terutama mereka yang sangat menjaga kesehatan dan peduli dengan pola makan yang seimbang.


Secara ilmu pengetahuan nutrisi adalah zat dalam makanan yang dibutuhkan organisme untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan fungsinya. Pada manusia nutrisi berguna untuk memelihara jaringan tubuh, memperoleh tenaga, mengatur tubuh berfungsi dengan baik, dan menjaga daya tahan tubuh.


Untuk memperoleh nutrisi-nutrisi tersebut tubuh tidak bisa menghasilkannya sendiri walau memang nutrisi dikenal dengan dua jenis yaitu nutrisi esensial dan nutrisi non-esensial. Nutrisi esensial adalah nutrisi yang dihasilkan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari, sedangkan nutrisi non-esensial adalah nutrisi yang dihasilkan oleh tubuh kita sendiri. Namun sebenarnya agar tubuh dapat menghasilkan nutrisi non-essensial ini kita harus terlebih dahulu memenuhi asupan nutrisi essensial.

Kebutuhan Nutrisi Berdasarkan Umur, Berat, Dan Tinggi Badan

Sumber : gizikia.depkes

Kebutuhan manusia terhadap nutrisi pun berbeda-beda pada tiap individu tergantung pada umur, jenis kelamin, dan kondisi kesehatannya. Bila orang tersebut sedang dalam tahap pemulihan atau sedang mengidap penyakit tertentu kebutuhan nutrisinya akan berbeda dengan yang sehat seperti pengidap diaebetes harus mengurangi nutrisi karbohidrat karena dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah.


Jadi, Penyuka Masak yang masih memiliki anak dalam masa pertumbuhan sangat penting utuk memperhatikan kebutuhan nutrisi anak, jangan sampai nutrisi tidak seimbang karena bisa menyebabkan kelainan pada pertumbuhannya terutama pertumbuhan tulang. Selain itu anak masa pertumbuhan sangat membutuhkan energi yang lebih banyak dari orang dewasa.
Apa yang harus dilakukan Penyuka Masak agar bisa memenuhi nutrisi keluarga? Penyuka Masak harus tahu makanan apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang begitu pula kandungan dalam makanan tersebut.

Jumlah dan Pola Makan Seimbang

sumber : fertilitychef

Seperti yang sudah dibahas di atas nutrisi terbagi menjadi nutrisi esensial dan non-esensial. Nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh berupa Tryptophan, Lysine, Methionine dan Cystine. Nutrisi-nutrisi ini terdapat pada makanan yang mengandung protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral.


Penyuka Masak harus memberikan makanan yang bervariasi jangan hanya dari satu jenis makanan saja. Bila asupan nutrisi esensial terpenuhi otomatis tubuh akan dengan mudah memproduksi nutrisi non-esensial untuk tubuh dan tubuh pun akan tetap terjaga dan sehat.


Penyuka Masak tahu penyakit malnutrisi kan? Malnutrisi disebabkan oleh sangat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh dan dalam jangka berkepanjangan tubuh bisa kehilangan kemampuan sepenuhnya untuk menyerap nutrisi. Malnutrisi tidak hanya disesabkan karena kekurangan makan tapi juga bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi satu jenis mekanan tertentu, biasanya malnutrisi seperti ini dialami oleh negara-negara maju yang lebih sering mengkonsumsi kalori saja.


Jadi, untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik kita harus memperhatikan dengan baik apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh tidak dengan sendirinya mengatur segalanya. Tubuh butuh bantuan dari luar berupa makanan bergizi seimbang yang didaptakan dari daging, sayuran, buah, ikan-ikanan, dan jenis makanan lain agar bisa berfungsi maksimal.

(sumber foto utama : healthy-eating)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar