Tradisi Unik Hari Valentine Di Beberapa Negara

Admin Sukamasak

Semua orang di belahan dunia manapun pasti mengenal dan mungkin merayakan hari valentine yang jatuh pada tanggal 14 februari tiap tahunnya. Sejarah dari munculnya hari valentine ini pun berupa, ada yang merujuk pada perayaan untuk menghormati dewa Lupercus, dewa kesuburan dari Roma. Sedangkan sejarah yang paling terkenal adalah cerita tentang seorang pendeta bernama St. Valentine yang secara diam-diam tetap berjuang menikahkan para pasangan walau saat itu Raja Claudius melarang pernikahan untuk kalangan pria karena kebutuhan perang. Walau sudah mendapatkan peringatan St. Valnetine tetap malakukan usahanya menikahkan pasangan dan akhirnya ia dihukum mati.


Kisah ini terus diceritakan turun menurun kepada anak dan cucu sehingga hari kematian St. Valentine pun secara sah dijadikan hari kasih sayang yang dinamakan Hari Valentine dimana orang-orang saling mengungkapkan rasa kasih sayang kepada kekasih, keluarga, dan kerabat mereka. Seiring berjalannya waktu pun tidak hanya Roma yang merayakannya tapi berbagai negara di belahan dunia juga ikut merayakannya dengan tradisi uniknya masing-masing. Ini dia beberapa tradisi uniknya:


1.Paris

sumber: crisproot

Paris memang sangat terkenal dengan keromantisannya namun tradisi merayakan Hari Valentine disini terbilang cukup unik dan aneh. Para wanita dan pria single akan berkumpul di satu tempat, mereka akan saling mencari pasangan dengan cara memanggil nama. Jika pasangan yang didapat tidak cocok mereka bisa meninggalkannya begitu saja. Di akhir acara wanita yang tidak mendapatkan pasangan akan beramai-ramai melemparkan foto sang pria ke dalam api sambil berteriak. Tradisi ini sekarang sudah dilarang dilakukan oleh pemerintah karena terbilang cukup berbahaya.


2.Inggris

sumber: realflowerpetalsconfetti

Negara kerajaan dengan bangunan-bangunan seolah seperti negeri dongeng ini memiliki tradisi Valentine yang juga seperti dongeng. Di Inggris para wanita lajang percaya bahwa pria yang ia lihat pertama kali di hari Valentine kemungkinan besar adalah pasangan hidup mereka atau jodoh mereka kelak. Selain itu para wanita juga memiliki kebiasaan meletakkan 5 helai kelopak bunga dibawah bantal dengan harapan mereka akan bertemu dan mengetahui jodoh mereka di dalam mimpi.


3.Denmark

Di Denmark, Hari Valentine dikenal dengan nama Gaekkebkrev. Tepat pada tanggal 14 Februari seorang pria akan memberikan sebuah surat yang berisi puisi-puisi cinta romantis yang dituliskan tanpa nama si pengirim kepada wanita. Tugas si wanita adalah menebak pengirim surat romantistersebut. Jika si wanita dapat menebak dengan benar siapa pengirim surat misterius tersebut, maka selanjutnya mereka berdua akan pergi berkencan.


4.Jepang

sumber: crazyflorist

Di Jepang tanggal 14 Februari dirayakan dengan memberikan coklat kepada orang-orang terkasih mereka tapi bukan sembarang coklat loh. Ada berbagai macam jenis coklat yang bisa diberikan pada hari valentine tegantung dari status orang tersebut. Giri-Choko diberikan kepada orang yang dihormati misalnya rekan kerja, atasan, teman sekelas, saudara, atau ayah. Honmei-choko yang memiliki arti “Coklat dengan perasaan sesunggunya”, nah coklat ini lah yang diberikan kepada kekasih atau suami, biasanya coklat ini dibuat sendiri berbeda dengan coklat yang lain dan yang terakhir adalah “tomo-choko”, coklat yang diberikan untuk sahabat mereka bisa wanita maupun pria. Selain jenis coklat di Jepang juga ada hari dimana pria harus membalas pemberian wanita pada hari valentine yaitu saat White Day tanggal 14 Maret.


5.Korea Selatan

Di Korea Selatan tidak jauh berbeda dengan di Jepang. Hari Valentine saat wanita memberikan coklat pada pria sedangkan white day saat pria membalasnya namun ada satu peryaan tambahan lagi yang diadakan sebulan setelah white day yaitu pada 14 April. Hari itu dinamakan Black Day. Kenapa Black Day? Pada hari ini orang-orang yang tidak mendapatkan coklat dan tetap single akan berkumpul dan makan Jajangmyeon atau mie dengan saus kental berwarna hitam. Katanya ini sebagai peluruh lara mereka yang masih single.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar