Fusion Food Terlezat Dari Asia

Admin Sukamasak

Penyuka Masak tahu fusion food? Atau bahkan sudah pernah mencoba membuatnya dirumah? Fusion Food merupakan kreasi baru dalam dunia memasak yang biasanya menggabungkan 2 budaya kuliner dari negara yang berebeda sehingga menjadi sebuah sajian baru dengan kombinasi rasa sempurna nan lezat.

Menciptakan fusion food bukan hal mudah loh, Penyuka Masak. Bahkan seorang chef handal pun tidak bisa sembarangan membuat fusion food jika tidak benar-benar paham budaya, bumbu, dan bahan dari negara-negara yang kulinernya akan digabungkan. Kalau sampai asal membuat hasil makanan akan jadi mimpi buruk setiap chef tapi bukan berarti Penyuka Masak tidak bisa menciptakan fusion food sederhana buatan sendiri dirumah. Supaya makin kenal dengan fusion food khususnya dari Asia yang sedang trend. Yuk, simak 4 fusion food dari Asia berikut:

1.Korean Bulgogi Kimchi Tacos

sumber: platingangpairings

Apa jadinya Taco makanan khas Meksiko digabung dengan Bulgogi dan Kimchi yang berasal dari Korea? Pasti Penyuka Masak juga penasaran dengan rasanya. Gabungan ketiga makanan ini sedang popular di Amerika dijual dengan menggunakan food truck atau truk makanan sambil berkeliling kota.

Dari beberapa orang yang pernah mencoba Korean Bulgogi Kimchi Taco ini katanya rasanya sangat luar biasa ketika masuk dimulut. Campuran rasa asam dan pedas dari kimchi, juicy dan gurih dari daging bulgogi, serta creamy dari mayonais yang dibungkus dengan tortilla yang lembut begitu memanjakan lidah hingga gigitan terakhir. Bagaimana Penyuka Masak, tertarik mencobanya? Lihat saja langsung resep Kimchi.


2.Curried Chiken Bun Filling

sumber: pinterest

Fusion food yang kedua merupakan perpaduan dua negara dengan budaya yang sangat jauh berbeda yaitu India dan China. Di China bak pao biasa disajikan untuk cemilan sambil minum teh sore sedangkan kari adalah makanan utama yang memiliki banyak campuran rasa dari asin, pedas, manis, dan gurih sehingga perpaduan keduanya menciptakan sebuah hidangan unik dan special yang bukan hanya bisa untuk cemilan sore tapi juga bisa mengenyangkan di siang hari. Pasti Penyuka Masak tidak akan tahan godaannya sejak pertama kali melihatnya!


3.Sushi Cake

sumber: pinterest

Siapa yang tidak kenal sushi, makanan dari Jepang ini sudah ada dimana-mana dari Eropa, Amerika, hingga Australia. Karena ketenarannya ini tidak sedikit chef professional yang membuat kreasi baru sushi dengan cara mengkombinasikannya dengan bahan berasal dari negara lain maupun merubah tampilannya. Salah satu kreasi fusion sushi yang perlu Penyuka Masak kenal adalah Sushi Cake.

Sushi yang satu ini tidak menggunakan bahan mentah melainkan matang semua seperti udang dan daging kepiting, yang membuatnya sangat unik karena sushi ini ditata seperti cake yang memiliki banyak layer atau lapisan dan berbentuk persegi panjang. Cara makannya pun tidak sama seperti sushi biasanya, sushi cake harus dipotong 3 - 4 bagian terlebih dahulu baru kemudian dicelupkan dalam soy sauce dan dilahap. Fusion sushi apa lagi yang Penyuka Masak tahu?

4.Pasta Rica-Rica

sumber: retorante.madamtan

Bukan Cuma Korea dan Jepang saja yang bisa dijadikan fusion food tapi masakan Indonesia pun juga bisa loh, Penyuka Masak. Contohnya saja Spaghetti khas Italia dengan bumbu ayam rica-rica yang pedas khas Manado, Sulawesi Utara. Spaghetti Rica-Rica ini sangat cocok dilidah orang Indonesia walaupun belum pernah mencoba spaghetti, selain itu membuatnya pun mudah dan bisa dikombinasikan dengan banyak bahan dari daging cincang, daging ayam, atau ditambah dengan topping keju juga boleh loh, Penyuka Masak.

Tertarik membuatnya dirumah? Langsung saja dicoba kombinasikan resep Ayam Rica-Rica dan Tumis Pasta Spaghetti ini.

Dari ke empat jenis Fusion Food Asia yang telah dirangkum oleh Suka Masak. Fusion Food apa yang paling Penyuka Masak sukai ? Yuk share di sukamasak.com, jika Penyuka Masak punya resep andalan Fusion Food buatan sendiri!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar