Yuk, Olah 7 Bahan Pencegah Kanker Agar Lebih Lezat!

Admin Sukamasak

Di Indonesia penyakit kanker merupakan penyebab kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung maka dari itu banyak sekali anjuran untuk hidup dan pola makan sehat sebagai upaya pencegahan. Penyuka Masak pun juga pasti sering membaca tentang beberapa makanan yang bisa dijadikan obat alami pencegah kanker dan mayoritas berupa sayuran dan buah-buahan.

Kali in Suka Masak tidak akan membahas makanan apa saja yang dapat mencegah kanker tapi kita akan mengolah makanan tersebut menjadi makanan yang lebih lezat, tidak membosankan, dan tentunya tetap sehat. Yuk, simak dan lakukan dirumah.

1.Teh Hijau Madu

 Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dikenal bisa mencegah kanker karena memiliki zat anti-oksidan yang tinggi namun tak banyak yang suka dengan rasa teh hijau asli yang terlalu sepat dan pahit yang kuat. Penyuka Masak bisa mengakalinya dengan menambah 1 – 2 sendok teh madu murni, selain rasanya akan semakin lezat kemampuan teh hijau melawan kanker akan lebih kuat. Minumlah satu kali sehari di pagi atau sore hari.

2.Tumis Jamur Brokoli

 Jamur adalah salah satu bahan makanan yang sudah terbukti dapat menghambat berkembangnya sel kanker terutama kanker payudara sedangkan si hijau brokoli terkenal dengan kemampuannya mencegah kanker prostat. Maka bila kita menggambungkannya dalam satu makanan, Penyuka Masak bisa mendapatkan manfaat berlipat ganda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal jamur dan brokoli haruslah diolah dengan benar salah satunya dengan cara ditumis dengan menggunakan minyak goreng non kolesterol dengan komposisi vitamin D & E yang baik untuk kesehatan Penyuka Masak, seperti yang terkandung pada minyak goreng Filma. Tumis bersama bumbu-bumbu kesukaan Penyuka Masak menjadi Tumis Jamur Brokoli.

3.Salad Buah Saus Alpukat

sumber: bunsin.myoven

Ada beberapa buah yang memang sudah terbukti dapat mencegah kanker yaitu, Alpukat, Delima/Pomegranat, Melon, Jambu Biji Merah, Apel, Anggur, dan Berry. Penyuka Masak bisa loh menjadikan buah-buahan tersebut salad yang tidak biasa yaitu Salad Buah Saus Alpukat. Cara membuatnya mudah loh, Penyuka Masak. Cukup potong dadu dengan ukuran yang sama semua buah kecuali buah Alpukat dan buah Delima atau Pomegranate lalu letakkan dalam satu mangkon yang sama.

Untuk Saus Alpukat Penyuka Masak tinggal menghaluskan Alpukat bisa dengan blender maupun manual tergantung selera, sambil menghaluskan berikan 2 – 3 sendok teh madu. Tuang saus Alpukat yang sudah jadi dalam mangkuk buah lalu beri topping lagi berupa buah Delima yang sudah dipipil. Salad Buah Saus Alpukat siap dinikmati. Kombinasi buah bisa diganti sesuai selera Penyuka Masak loh.


4.Sup 5 Warna Pencegah Kanker

sumber: rateyourburn

Bukan hanya buah yang memiliki warna bemacam-macam tapi sayuran pun juga. Warna pada sayuran pun juga mengindikasikan kandungan nutrisi dan vitaminnya sehingga kita bisa memilih mana yang tepat untuk tubuh. Mengonsumsi bermacam-macam jenis sayuran pun terbukti sangat baik untuk tubuh terutama untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Untuk membuat makan sayur makin mudah dan menyenangkan 2 orang dokter dari China dan Jepang yaitu Dr. Kazu dan Prof. Chuang membuat resep dari 5 sayuran dengan warna berbeda yang diberi nama Sup 5 Warna.

Sup ini terdiri dari lobak putih 600 gram, sayuran atau daun lobak yang hijau 250 gram, wortel (merah) 250 gram, burdock root (bisa diganti dengan sayuran lain yang berwarna kuning) 250 gram dan jamur hitam (hioko) 3 - 5 buah atau shitake 50 gram. Tiap sayuran ini dicuci sangat bersih tanpa dikupas kulitnya lalu direbus secara terpisah. Setelah matang baru disatukan dalam kaldu ayam alami beserta rempah alami. Sisa air rebusan sayur bisa Penyuka Masak gunakan untuk membuat bubur nasi merah sehingga manfaatnya bertambah.

5.Ikan Salmon

Salmon, terutama yang ditangkap liar kaya akan vitamin D yang dapat membantu menghalangi pertumbuhuan tumor dan sel kanker. Tapi mungkin kadang Penyuka Masak suka bingung bagaimana cara mengolah salmon yang sedikit berbeda dibanding ikan lainnya. Saat membersihkan salmon sebaiknya jangan dicuci dengan air mengalir melainkan basuh atau lap saja menggunakan kain basah sampai kering dan kotoran hilang. Kalau dicuci dengan air mengalir dapat menyebabkan dagingnya yang lembut rusak dan menyerap terlalu banyak air.

Salah satu cara mengolah ikan salmon adalah dengan cara dipanggang diatas wajan yang sudah diolesi dengan Filma Margarin yang mengandung 6 vitamin, omega 9, dan omega 6 di dalamnya. Ketika akan dipanggang letakkan salmon diatas wajan dengan bagian kulitnya yang menempel pada wajan agar daging tidak langsung terkena panas dan cepat gosong. Cukup panggang salmon selama 4 menit ditiap sisinya dan jangan sering membolak-balikannya. Kalau Penyuka Masak ingin tahu lebih lengkap resep memanggang salmon langsung saja cek resep Ikan Salmon Panggang Saus Tomat Segar.

6.Krim Sup Tomat

sumber: cravebyrandomhouse

Bahan makanan yang keenam adalah tomat. Si merah yang manis ini merupakan salah satu makanan super pencegah kanker. Lycopen yang terkandung didalamnya terbukti bisa membunuh sel kanker mulut. Untuk mengolah tomat agar tidak bosan, Penyuka Masak bisa mencoba membuatnya menjadi Sup Krim Tomat. Caranya pun sangat mudah loh. Penyuka Masak cukup menghaluskan beberapa tomat segar dengan blender lalu masak bersamaan dengan kaldu ayam alami dicampur dengan tepung terigu dan susu. Masak hingga kental. Sup Krim Tomat ini bisa dijadikan teman makan roti di pagi atau di sore hari loh, Penyuka Masak.

7.Ubi Jalar Karamel (Daigaku Imo)

sumber: otakufood

Ubi jalar kaya akan betakaroten yang dapat mengurangi setengah dari resiko terkena kanker payudara tapi kalau tiap hari makan ubi jalar kukus pasti akan bosan ya, Penyuka Masak. Yuk, coba buat Ubi Jalar Karemel yang bahkan si kecil pun juga suka. Masak ubi jalar ungu yang telah dipotong kecil dan direndam air selama 5 menit bersama 2 sendok makan air diatas api kecil. Setelah 5 menit, masukkan 1 sendok makan Filma Minyak Goreng, 2 sendok makan gula dan ½ sendok teh shoyu, panggang selama 10 menit dengan api kecil hingga gula menjadi karamel. Matikan api dan tuangkan ½ sendok teh madu, aduk hingga merata. Angkat dan taburkan kacang wijen. Cemilan sehat dan lezat pun siap dinikmati.

Dengan kelezatannya yang sudah tidak diragukan lagi, Penyuka Masak bisa mulai sering mencoba mengonsumsi ketujuh menu sehat tadi. Selain nikmat, juga bisa dijadikan upaya terhindar dari penyakit kanker karena pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan.

Stay healthy with Suka Masak! :)

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar