Tips Memilih Bahan Masakan Organik Berkualitas Baik

Admin Sukamasak

Zaman sekarang orang semakin pintar dan bijak dalam memilih atau membeli segala sesuatu terutama bahan pangan, sandang, dan papan karena memang merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan. Begitu juga dengan para wanita terutama Penyuka Masak pasti selalu ingin memilih bahan masakan terbaik untuk disajikan kepada keluarga tersayang dirumah.

Salah satu jenis bahan masakan yang saat ini reputasinya sangat baik adalah bahan makanan organic karena konon katanya bahan makanan organic tidak menggunakan bahan kimia apapun dalam proses pertumbuhannya. Apa benar demikian? Sebelumnya yuk kita kenali dahulu apa itu bahan makanan organic.

Bahan makanan organic adalah bahan makanan yang tumbuh atau dikembang biakan tanpa menggunakan bahan kimia buatan maupun rekayasa genetika sekecil apapun. Contoh dari bahan kimia tersebut adalah pastisida atau pupuk kimiawi. Karena banyaknya permintaan akan bahan makanan organic yang murni tidak tercemar kimia apapun maka pemerintah di beberapa negara membuat label khusus makanan organic sehingga konsumen bisa memilih dengan mudah.

Meskipun sudah berlabel organic bukan berarti Penyuka Masak boleh asal memilih buah-buahan, sayuran maupun bahan makanan lain tanpa dilihat dahulu. Nah, maka dari itu yuk ikuti beberapa tips memilih bahan makanan organic berkualitas baik ini!


1.Cek Sertifikasi

sumber: saltmeatscheese

Hal pertama yang paling penting Penyuka Masak perhatikan saat membeli bahan makanan organic adalah label atau logo badan setifikasi makanan organic yang berlaku. Bahan makanan tidak bisa sembarangan diberi nama organic bila tidak ada logo dari badan sertifikasi bahan makanan organic yang berlaku di satu negara tertentu karena itu artinya bahan makanan tersebut illegal atau bisa saja penipuan. Setiap negara pasti memiliki badannya sendiri yang mengurus hal ini dan memiliki standar yang berbeda. Jadi, Penyuka Masak harus jeli melihatnya.

2.Perikas Label

Lihat daftar komposisi yang tercantum pada kemasan makanan olahan seperti kecap, bumbu, minyak atau yang lain. Makanan organik seharusnya paling tidak mengandung 90 % bahan alami. Selain itu, juga harus bebas dari bahan tambahan kimia, bebas dari senyawa kimia, dan radiasi. Untuk pemakaian pestisida, masih diizinkan selama itu tidak berupa pestisida sintetik.


3.Lebih Baik Beli Langsung Di Toko Khusus Bahan Organik

sumber: birminghamtimes

Kalau Penyuka Masak baru pertama kali membeli bahan makanan organic sebaiknya langsung membeli di toko khusus makanan organic karena toko tersebut berarti sudah mendapat izin dan memang memiliki pemasok bahan sendiri sehingga kita bisa lebih mudah dan nyaman memilihnya.


4.Perhatikan Ciri-Ciri Fisik

sumber: juliaandlibby

Khusus ketika membeli bahan makanan organic seperti sayuran dan buah Penyuka Masak juga harus perhatikan keadaan fisiknya. Sayuran dan buah-buahan organic justru penampakan fisiknya lebih jelek dari non-organik karena memang tidak menggunakan bahan kimia untuk mempercantik penampilannya. Sayuran dan buah-buahan organic akan memiliki bolongan kecil-kecil di permukaannya atau di daunnya karena gigitan ulat dan warnanya tidak mengkilap atau licin namun lebih terlihat tajam atau pekat. Sayuran dan buah-buahan organic juga tidak mengeluarkan bau yang terlalu menyengat keculai bau dari buah atau sayuran itu sendiri.

Kalau Penyuka Masak bisa mencobanya atau ada tester, buah organic kandungan airnya lebih sedikit, rasa alami buah lebih kuat, dan rasanya lebih segar. Sedangkan untuk sayuran, rasanya lebih renyah dan tidak berbau.

Dengan langkah-langkah ini Penyuka Masak bisa memilih bahan makanan organic lebih aman dan tidak takut lagi. Setelah mengetahui cara memilih bahan makanan organic yang berkulaitas baik yuk sekarang kita mengolah 5 Menu Sehat Dari Bahan Alami.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar