Kelezatan Racikan Kunyit dalam Variasi Menu Berbagai Negara

Admin Sukamasak

Semua Penyuka Masak pasti kenal dengan kunyitRempah yang identik dengan warna kuning ini populer dipakai untuk masakan-masakan Indonesia dan wilayah Asia lainnya. Salah satu makanan di Asia yang sering sekali menggunakan kunyit adalah nasi kuning dari Indonesia dan curry dari India.

Kepopuleran kunyit tidak sampai disitu saja karena popularitas kunyit sudah meluas hingga ke Amerika dan Eropa. Selain karena bisa memberikan warna kuning keemasan yang alami, rasa pedas dan hangat yang ditimbulkan dari kunyit ini sangatlah pas dengan iklim mereka yang cenderung bersuhu dingin. Banyak sekali menu-menu modifikasi makanan Amerika dan Eropa yang ditambahkan dengan Kunyit. Yuk, mari kita lihat menu-menu apa saja itu, siapa tahu Penyuka Masak bisa menirunya di rumah.


1.Smoothie Buah Dengan Kunyit

Sumber: foodnetwork

Pertama kita mulai dengan minuman sehat yang menyegarkan yaitu smoothie. Tapi tentunya smoothie ini berbeda dari yang lain karena ada campuran kunyitnya. Untuk mendapatkanjenis buah yang cocok dikombinasikan dengan kunyit pilihlah jenis buah tropis seperti pir atau melon. Sebelum dibuat menjadi smoothie dinginkan dahulu potongan-potongan buah semangka dan nanas lalu kemudian blender bersamaan dengan tambahan perasan lemon dan tentunya bubuk kunyit. Campuran dari keempat bahan ini akan menghasilkan rasa yang segar dan manfaat yang luar biasa jika diminum secara rutin. Selain akan meningkatkan daya tahan tubuh karena vitamin C yang dikandung oleh buah tropis, minuman juga bisa mencegah inflamasi di dalam tubuh serta memplancar peredaran darah sebagai khasiat dari kunyitnya.


2.Scramble Egg With Turmeric

Sumber: maonikagowardhan

Bosan dengan sarapan yang itu-itu saja? Kalau begitu Penyuka Masak wajib coba sarapan yang satu ini, Sramble Egg With Turmeric atau telur orak-arik dengan kunyit. Scramble egg yang satu in tidak seperti biasanya karena dicampur dengan bubuk kunyit. Soal rasa jangan diragukan lagi pasti enak dan tidak membuat bosan.
Menu yang satu ini sangat popular dan disukai oleh orang-orang Amerika untuk dijadikan menu sarapan. Menurut mereka, mengonsumsi telur yang dicampur dengan kunyit dipagi hari dapat mempertahankan stamina lebih lama dan dapat menghangatkan tubuh. Penyuka Masak juga bisa member kombinasi lain dengan ditambahkan sayuran segar seperti brokoli supaya makin lengkap nutrisinya.


3.Orange And Turmeric Cake

Sumber: testmayihavethatrecipe

Bukan cuma makanan utama atau minuman saja yang bisa dibuat dengan campuran kunyit, cake pun juga bisa pakai kunyit. Salah satunya Orange and Turmeric Cake ini. Cake dengan bahan kunyit ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki intolerant atau alergi pada gluten dan mereka yang ingin menikmati cake tanpa harus takut diabetes. Karena menggunakan kunyit, rasanya menjadi sedikit unik, berbeda dengan cake biasanya. ditambah lagi dengan campuran rasa jeruk segar di dalamnya. Warna yang dimiliki oleh cake ini pun menjadi lebih menarik dengan warna kuning keemasan yang tidak bisa didapatkan tanpa menggunakan kunyit.


4.Salad Ayam Kemangi


Menu yang mengandung kunyit terakhir tentunya harus dari Indonesia yaitu Salad Ayam KemangiMenu yang satu ini cocok sekali disajikan disaat-saat special bersama keluarga.

 Daging ayam cincang yang dicampur bawang putih, kunyit, Filma Minyak Goreng, dan garam ini sangat nikmat apalagi dibumbui dengan berbagai macam rempah seperti kemiri dan kencur sehingga menciptakan rasa gurih unik di mulut. Jangan lupakan juga sentuhan daun kemangi sebagai pelengkap dan penambah selera makan.

Dari keempat menu tersebut mana yang paling Penyuka Masak sukai atau mungkin pernah buat kreasi menu berbahan kunyit lainnya? Yuk, pamerkan di sukamasak.com.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar