Bahan Makanan Anti Konstipasi

Admin Sukamasak

Apa itu konstipasi? Konstipasi atau yang lebih kita kenal dengan sembelit adalah suatu gejala susah buang air besar yang disebabkan pergerakan feses di dalam usus besar melambat sehingga menghasilkan feses yang kering dan keras. Buang air besar yang normal yaitu pada kisaran tiga kali sehari hingga satu kali dalam 3 hari atau lebih, sedangkan pada penderita konstipasi atau sembelit buang air besar bisa terjadi seminggu sekali atau bahkan kurang.

Walau terdengarnya bukan hal serius seperti penyakit diabetes, jantung, dan kolestrol namun bila sembelit ini dibiarkan akan menyebabkan komplikasi pada system pencernaan, seperti wasir dan divertikulosis atau timbulnya kantung-kantung pada usus yang disebabkan tekananan berlebihan pada usus besar. Bila tidak cepat ditangani divertikulosis dapat berakibat nyeri yang hebat dan perdarahan yang luas.

Biasanya hal-hal yang menyebabkan terjadinya konstipasi adalah kurangnya konsumsi serat dalam menu makanan sehari-hari, kurang aktif secara fisik, efek samping pengobatan, perubahan pola hidup atau perubahan rutinitas seperti hamil, penuaan dan perjalanan. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya konstipasi pada keluarga tercinta, Penyuka Masak harus tahu bahan makanan apa saja yang bisa menjauhkan kita dari masalah sembelit ini. Yuk, simak pada bahasan berikut ini:

1. Brokoli

Sumber: pixabay

Sayuran hijau dengan tekstur renyah ini merupakan favorit banyak orang karena rasanya yang lezat walau hanya direbus. Dibalik rasa dan tampilan yang menggoda ternyata brokoli adalah senjata ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Brokoli diketahui memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan kerja usus secara baik dan optimal.

Ingin coba salah satu olahan brokoli yang lezat dan simple di rumah? Yuk, lihat resep dari Suka Masak ini, Tumis Jamur Brokoli.

2. Beras Merah

Sumber: ndtvimg

Penyuka Masak pernah melakukan diet dengan beras merah? Beras merah memang populer sebagai menu diet yang sehat karena kalorinya yang rendah namun karbohidratnya sangat cukup memenuhi kebutuhan energy tubuh. Ternyata manfaat beras merah tidak hanya itu saja, kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan pencernaan yang dapat muncul di kemudian hari.

Salah satu resep beras merah lezat yang bisa Penyuka Masak coba di rumah adalah Keju Kremes Sembunyi Dalam Nasi Merah ini. 

3. Pepaya

Sumber: pixabay

Siapa yang tidak tahu manfaat buah yang satu ini? Semua orang pasti akan segera mencari buah papaya kalau sedang mengalami masalah pencernaan terutama urusan sembelit. Buah berwarna orange ini memang memiliki kemampuan untuk melembutkan feses dan mengoptimalkan kerja usus sehingga buang air besar lancar tanpa masalah. Pepaya memiliki kemampuan tersebut karena mimiliki enzim khusus bernama papain yang dapat membantu menghasilkan enzim-enzim pencernaan kita lebih maksimal.

Segar dan sehanta buah papaya bisa Penyuka Masak rasakan dalam resep yang satu ini, Sweet Papaya With Grape.

4. Berry

Sumber: pixabay

 Buah berry seperti strawberry dan blueberry sangat baik untuk membantu dalam mengatasi sembelit. Buah berry ini memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah kalori, dan juga kaya akan kandungan oksidan. Tidak hanya bisa langsung dimakan segar tapi bisa juga dikonsumsi bersamaan dengan buah lain dan minuman lagi.


5. Lidah Buaya

Sumber: pureproducts

Penyuka Masak pernah mencoba minum es lidah buaya? Rasanya pasti segar. Ternyata dibalik kesegaran es lidah buaya tersebut terdapat khasiat sebagai pencahar. Getah daun lidah buaya merupakan perantara pembersih yang cukup kuat. Namun, kandungan pencahar yang cukup kuat pada lidah buaya terkadang dapat menimbulkan diare. Maka dari itu harus digunakan hati-hati terutama untuk anak kecil.


6. Roti Gandum Kasar

Sumber: etamifad

Bila Penyuka Masak penggemar roti, cobalah ganti dengan mengonsumsiroti gandum kasar. Karena roti gandum kasar memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga kabohidrat kompleks, sehingga bila dikonsumsi setiap sarapan dapat menghindari kita dari sembelit. Jangan lupa oleskan Margarin Filma untuk menambah cita rasa gurih sekaligus bernutrisi!

Selain mengkonsumsi bahan-bahan tersebut diatas, Penyuka Masak juga harus memperhatikan pola makan dan pola hidup yang benar karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar

Comment

Sri Maryati

sangat bermanfaat semuanya ..dan bisa kita terapkan mulai dari sekarang

August 27, 2015

Admin Sukamasak

Iya, bunda. Zaman sekarang harus sadar hidup sehat karena lebih rentan terhadap penyakit. Silahkan dicoba ya menu-menunya :)

August 27, 2015