Kreasi Bahan Sederhana Menjadi Gourmet Mewah

Admin Sukamasak

Setelah mengetahui serba-serbi mengenai gourmet food, yuk kita coba membuatnya sendiri di rumah!

Walau biasanya gourmet food dibuat dengan bahan dasar mewah, ternyata dengan bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah pun kita sudah bisa membuat gourmet food cantik yang akan membuat keluarga di rumah kagum dan ketagihan dengan kelezatannya. Apa saja bahan-bahan sederhana yang bisa dijadikan gourmet food? Yuk, simak bahasannya sambil mencoba di dapur kesayangan Penyuka Masak.

1. Kombinasi Roti Tawar Dan Daging Ham

 

Sumber: sandwichesconestilo

Penyuka Masak pasti pernah mencoba sandwich. Biasanya sandwich disajikan apa adanya saja dengan isian daging ham dan sayur-sayuran yang ditumpuk-tumpuk. Tapi bagaimana kalau kita coba membuat Sandwich Goreng Special ala gourmet? Pasti keluarga dirumah jadi tidak sabar menanti ingin melahapnya.

Agar tampilan sandwich menjadi cantik seperti gourmet food, hindari menumpuk isi sandwich secara tak beraturan apalagi dengan ukuran yang berbeda-beda. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika membuat Gourmet Sandwich:

- Pastikan sisi roti yang akan digunakan rapi. Penyuka Masak bisa mengupas kulitnya dahulu kalau tidak suka.

- Sesuaikan ukuran isian seperti daging ham, sayuran, keju, dan lain-lain dengan ukuran roti agar nanti tidak ada bagian yang terlihat keluar dari pinggiran roti.

- Tata isian sandwich seperti menata layer cake. Penyuka Masak bisa membentuk layer berdasarkan warna. Contohnya layer pertama diisi dengan tomat iris yang berwarna merah, kedua isi dengan sayuran hijau, layer ketiga isi dengan daging ham, layer keempat lapisi dengan keju lalu tumpuk lagi dengan daging ham pada layer kelima agar rasanya lebih mantap, dan pada layer terakhir bisa diisi dengan timun.

- Biasanya sandwich dinikmati dengan saus biasa atau mayonnaise tapi sebenarnya Penyuka Masak bisa buat saus sendiri seperti saus keju atau saus yang biasa digunakan pada pasta.

- Untuk penyajian di piring jangan letakan sandwich utuh begitu saja tapi potong menjadi bagian-bagian kecil tergantung ukuran roti tawar yang digunakan.

- Cukup tata 2 – 3 potong sandwich pada piring dengan penataan yang kreatif seperti di tumpuk.

- Untuk memberikan kesan lezat yang lebih kuat, tuang sedikit saus ke atas roti namun jangan sampai menetes ke bagian piring lain. Cukup 1 – 2 sendok makan saus saja.

- Terakhir beri sentuhan segar dengan menyelipkan daun seledri atau selada. Bisa juga dengan tomat kecil ditambah dengan taburan wijen atau cabai bubuk diatasnya.

Sandwich gourmet siap disajikan untuk sarapan keluarga tercinta di rumah dan lihat reaksi mereka dengan kejutan kecil dari Bunda.

2. Udang

 

Sumber: sukamasak

Punya persediaan udang di rumah tapi bingung mau di masak apa karena bosan masak yang biasa-biasa saja? Coba saja buat udang goreng biasa tapi secantik gourmet food. Pasti semua yang melihat menjadi terkejut.

- Pastikan udang dalam keadaan segar. Bersihkan, buang bagian kulit dan kepalanya, sisakan bagian ekor.

- Goreng udang dengan menggunakan resep Udang Goreng Special. Sisihkan.

- Sekarang masuk ke tahap menghias makanan:

  • Siapkan mangkuk bulat dengan ukuran sedang. Masukkan nasi hangat ke dalamnya.
  • Kalau Penyuka Masak suka dengan rumput laut kering atau nori, lapisi bagian atas nasi dengan 2 lembar nori.
  • Tata Udang Goreng Special yang sudah digoreng secara melingkar diatas nasi yang telah ditutupi nori. Ingat! Udang yang diletakkan di atas nasi jangan terlalu banyak, cukup 5 ekor udang saja.
  • Kalau Penyuka Masak menggunakan lalapan, potong dahulu menjadi bagian yang lebih kecil lalu selipkan diantara barisan udang di atas nasi.
  • Terakhir beri taburan bubuk cabai untuk memperkaya rasa dan warna tampilan. Sedangkan untuk saus letakkan pada wadah kecil khusus saus, jangan dituang di atas udang.

Gourmet Udang Goreng Special ini cocok Penyuka Masak sajikan saat ada kumpul-kumpul keluarga atau bersama teman-teman.

3. Ayam Dan Wortel

 

Sumber: lickmyspoon

Sekarang giliran membuat gourmet food sederhana dari ayam dan sayuran persediaan di rumah. Nama resep gourmetnya adalah Ayam Suar SuirBagaimana cara menatanya agar menjadi gourmet mewah ala chef porfesional? Ikuti langkah-langkah berikut:

- Agar tampilannya rapi dan memuaskan iris-iris sayur (yang ada pada resep) dan suir-suir ayam dengan ukuran yang sama besar, sebesar korek api.

- Penyuka Masak bisa menjadikan daun selada sebagai mangkuk seperti pada lettuce wrap, salad khas China.

- Aduk-aduk campuran ayam suir, sayuran, dan bahan pelengkap lainnya hingga tercampur rata.

- Lalu ambil satu sendok makan campuran ayam dan sayur, perlahan letakkan di dalam mangkuk daun selada. Tata agar rapi dan tidak ada yang tumpah ke luar.

- Bariskan 3 mangkuk selada yang sudah berisi ayam suar-suir pada piring persegi panjang, beri jarak 4 jari.

- Untuk sentuhan terakhir, tuang mayonnaise dengan bentuk zig-zag sepanjang di atas ayam suar-suir sepanjang piring yang digunakan.

Gourmet Ayam Suar-Suir ini cocok disajikan sebagai sarapan enak maupun makanan ringan. Pasti akan membuat siapapun ketagihan.

Diantara 3 resep gourmet food di atas mana yang paling Penyuka masak sukai? Kalau Penyuka Masak punya ide gourmet food lain yang lebih cantik dan lezat langsung saja ikutan#SarapanCantikFILMA.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar