Menu Superfood Untuk Buah Hati

Admin Sukamasak

Sejak masuk tahun millennium, “superfoods” atau makan – makanan super mulai digadang-gadangkan menjadi makanan yang wajib dan sangat direkomendasi untuk dikonsumsi oleh orang. Superfood sendiri artinya adalah bahan makanan yang memiliki kandungan sangat lengkap dan sehat dibanding bahan sejenis lainnya, contohnya saja yang akhir-akhir ini namanya sangat booming, yaitu sayur hijau kale dan bijian quinoa yang keduanya berasal dari tanah Eropa.

Namun sayangnya sangat jarang ada anak-anak yang suka dengan superfood ini karena berasal dari sayuran, bijian, dan kacang-kacangan yang rasanya memang tidak sesuai selera anak yang lebih menyukai rasa manis dan gurih. Padahal superfood ini sangatlah baik untuk pertumbuhan tubuh dan otak mereka.

Maka dari itu kita sebagai orang tua mereka terutama ibu yang setiap hari harus memperhatikan asupan makanannya harus tahu menu-menu superfood apa saja yang akan lahap mereka santap. Ini dia menu-menu superfood lezat yang pasti disukai anak dan bisa dicoba dirumah!

1.    Sulap Kale Menjadi Es Mambo

Sumber: floatingkitchen

Sayur Kale adalah salah superfood yang namanya dikenal dimana-mana. Sebenarnya sayur ini sudah enak dimakan segar atau hanya dengan ditumis sederhana dengan Filma Minyak Goreng. Namun kalau sudah berurusan dengan anak kecil pasti jadi sulit. Sedikit saja dia tahu itu sayur berwarna hijau, kale yang lezat pun akan langsung ditinggalkan. Makanya Penyuka Masak bisa mengakali dengan menyulapnya menjadi Es Mambo Buah Dan Sayur.

Es Mambo Buah Dan Sayur ini sangat mudah dibuat, cukup sediakan buah-buahan dengan rasa manis dan asam seperti apel, pisang, anggur, atau stroberi. Campurkan potongan-potongan buah yang Penyuka Masak pilih ke dalam blender bersamaan dengan sayur kale yang sudah dicuci. Blender hingga benar-benar halus. Masukkan adonannya ke dalam plastic es mambo atau cetakan ice cream, bekukan dalam freezer. Coba berikan Es Mambo Buah Dan Sayur ini kepada sebagai kejutan, pasti ia langsung suka tanpa tahu ada si superfood kale di dalamnya.

2.    Sembunyikan Quinoa Di Dalam Macaroni Schotel Lezat


Sumber: iowagirleats

Siapa yang bisa tahan godaan Macaroni Schotel? Anak-anak pun pasti ketagihan kalau dibuatkan oleh ibunya. Selain lezat,makanan ini juga mudah cara bikin. Coba saja contek resep Macaroni Shcotel ini.

Ternyata Macaroni Schotel buatan Penyuka Masak bisa loh dijadikan superfood untuk si buah hati. Caranya hanya dengan menambahkan Quinoa, biji-bijian yang diklaim memiliki kehebatan tiada tanding dibanding biji lainnya. Sebelum Penyuka Masak memasukkan Quinoa ke dalam adonan Macaroni Schotel, biji ini harus dimasak terlebih dahulu dengan cara cuci dahulu Quinoa dengan air mengalir sebanyak 2-2 kali. Lalu tanak dengan air dengan takaran air 2 kali jumlah Quinoa, biarkan sampai airnya menyusut dan matang.

Baru kemudian Penyuka Masak bisa mencampurkannya ke dalam adonan Macaroni Schotel dan panggang sesuai dengan resep. Sajikan untuk sarapan bergizi untuk anak, pasti langsung habis tak tersisa.

3.    Chocolate Banana Smoothie, Superfood Terlezat Sebagai Penutup


Sumber: cloudfront

Kabar baik untuk semua Penyuka Masak! Karena ternyata bubuk kokoa yang menjadi bahan utama pembuat cokelat termasuk superfood terutama untuk anak-anak karena kokoa memiliki kandungan flavanoid yang dapat mencegah diare pada anak kecil serta dapat meningkatkan kemampuan mengingat anak. Namun ada syarat tertentunya, yaitu tidak boleh dicampur bahan-bahan yang tidak sehat seperti yang mengandung gula terlalu banyak.

Walau memang bubuk kokoa merupakan bahan utama pembuatan cokelat yang enak tapi rasa asli kokoa sangatlah pahit dan tidak enak dimakan langsung, makanya harus diolah terlebih dahulu menjadi Chocolate Banana Smoothie yang lezat dan sehat.

Siapkan 1 gelas susu segar, 1 sdm madu, 2 buah pisang, dan 1 sdm bubuk kokoa. Blender semua hingga halus, tinggal sajikan dengan gelas kesukaan si kecil. Menu yang satu ini tidak perlu diakali menjadi apapun karena pasti buah hati akan langsung ketagihan.

Dari ketiga bahan di atas mana yang paling Penyuka Masak suka dan cocok untuk si buah hati? Kalau punya resep superfood lezat lainnya untuk si kecil, yuk langsung saja upload di sukamasak.com dan jangan lupa selalu gunakan Filma Minyak Goreng dan Filma Margarin yang sudah terbukti berkualitas.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar