Menu Khas Thanksgiving Dari Berbagai Negara

Admin Sukamasak

Apakah itu thanksgiving? Bagaimana sejarahnya dan apa saja yang dilakukan disaat perayaan thanksgiving ini? Beberapa Penyuka Masak pasti ada yang penasaran dengan perayaan yang satu ini karena biasanya identik sekali dengan ayam kalkun dan macam-macam makanan yang tersaji lengkap di atas meja.

Hari Thanksgiving adalah hari libur nasional yang dirayakan secara rutin di Kanada dan Amerika Serikat. Sesuai namanya yang terdiri dari dua suku kata yaitu Thanks dan Giving, hari Thanksgiving dimaknai sebagai hari untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas rezeki yang sudah didapat selama setahun. Di Amerika, Thanksgiving dirayakan setiap Kamis minggu ke-4 di bulan November, sedangkan di Kanada dirayakan setiap hari senin minggu ke 2 di bulan Oktober.

 Perayaan Thanlsgiving yang pertama kali terjadi di daerah New England. Pada waktu itu sekitar setahun berselang setelah koloni Plymouth menetap di Amerika sejak akhir tahun 1619, terjadi musim dingin yang mengerikan di Massachussets, mengakibatkan hampir separuh koloni tersebut meninggal dunia. Hingga akhirnya pada musim semi tahun 1621, harapan baru muncul setelah koloni Plymouth yang baru menetap di Amerika itu mendapat bantuan dan saran dari penduduk asli Amerika, yaitu suku Indian, tentang bagaimana cara menanam jagung dan tanaman lainnya. Dengan demikian berakhirlah masa paceklik mereka. Kemudian sebagai bentuk rasa syukut mereka, diadakanlah suatu festival panen, termasuk pula yang ikut merayakan adalah kepala suku Indian dan puluhan orang suku Indian lainnya.

 Sebanarnya perayaan Thanksgiving ini serupa dengan perayaan yang dinamakan syukuran di Indonesia namun tentunya dengan budaya yang berbeda. Di Negara lain pun juga ada peryaan serupa. Kali ini Suka Masak akan membahas tentang menu-menu special apa saja yang disajikan disaat peryaan ini di berbagai negara!

 1.       Swedia

 

Sumber: wikipedia

Di Swedia perayaan thanksgiving ini dirayakan dengan sangat meriah, seluruh orang akan berkumpul di pusat kota atau desa untuk makan, minum, dan menari sehari penuh. Makanan-makanan wajib yang harus disajikan saat perayaan diantaranya adalah kentang rebus, pickled herring atau ikan herring yang diasinkan, dan lobster air tawar rebus yang dipanen dari kolam sendiri.

 

Sumber: imgix

Jika di Amerika Serikat, thanksgiving identik dengan hidangan ayam kalkun yang besar dan menggoda, lain hal di Swedia. Sajian istimewa mereka adalah Sup Kacang Ercis (Pea Soup) dan pancake khas Swedia. Biasanya Sup Kacang Ercis ini dinikmati dengan potongan-potongan sosis dan daging ham.

 2.       Rusia

 

Sumber: thekompass

Selain rasa syukur akan panen yang melimpah, Thanksgiving juga bersyukur atas berakhirnya musim dingin yang panjang dan datangnya musim semi yang hangat. Di Rusia, untuk merayakan keberhasilan melewati musim dingin, mereka merayakannya dengan menyajikan pancake yang wajib dimakan selama beberapa hari. Tapi bukan sembarang pancake yang disajikan, pancake ini diberi topping yang special berupa caviar, jamur, berbagai macam selai, dan yang paling utama diolesi dengan banyak butter.

 3.       German

 

Sumber: wp

Di German saat Thanksgiving adalah saat dimana asparagus putih sedang panen besar-besaran karena bertepatan dengan musim semi juga. Maka dari itu Thanksgiving rakyat German lebih sering disebut dengan “Spargelzeit”.

Makanan-makanan yang disajikan pada festival ini hampir semuanya berbahan utama asparagus, salah satunya adalah asparagus rebus yang disiram saus hollandaise dan disajikan bersama kentang rebus.

4.       Korea

 

Sumber: bicarakorea

Di Korea pun juga ada perayaan Thanksgving atau festival panen namun tentu namanya berbeda yaitu Festival Chuseok. Festival Chuseok ditandai dengan 3 hari libur nasional di Korea. Makanan wajib yang menjadi ritual di festival ini adalah Songpyeon.

 

Sumber: flickr

Songpyeon adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan berbagai isian manis seperti wijen, selai kacang merah, dan selai kacang. Lalu dikukus dengan dandang yang terbuat dari bambu. Biasanya makanan ini dihidangkan ketika sedang berkumpul bersama keluarga sambil menikmati liburan.

5.       Amerika Serikat

 

Sumber: foodnetwork

Lalu bagaimanakah tradisi Thanksgiving di Amerika Serikat sendiri? Di Amerika, Thanksgiving adalah perayaan terbesar kedua setelah Natal maka dari itu dijadikan libur nasional dan merupakan kesempatan bagi mereka untuk berkumpul berama-sama keluarga. Sama halnya seperti di Indonesia yang ada budaya pulang kampung ketika lebaran, Thanksgiving juga dijadikan moment pulang kampung di Amerika.

Kalau soal makanan tentu kita semua sudah tahu, daging kalkun panggang merupakan hidangan wajib Thanksgiving. Selain kalkun panggang ada juga saus cranberry, pai labu, dan ubi. Karena pada dasarnya Thanksgiving adalah wujud tanda syukur maka mulai banyak masyarakat Amerika yang menggunakan moment ini untuk beramal atau berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Perayaan Thanksgiving ini memang tidak familiar di Indonesia namun sebenarnya ada juga perayaan serupa yang dilakukan rakyat Indonesia terutama di daerah-daerah pedesaan. Apakah Penyuka Masak bisa sebutkan salah satunya? Yuk, share di sini dan sebutkan juga sajian istiwewanya.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar