NEGARA DI DUNIA DENGAN WISATA KULINER TERLEZAT DAN MURAH

Admin Sukamasak

Ketika jalan-jalan ke luar negeri, salah satu yang wajib dinikmati bukan hanya panoramanya tapi juga makanan khas dari negara tersebut. Biasanya setiap negara memiliki pusat wisata kulinernya sendiri namun supaya tidak boros, kita harus pintar memilih makanan. Bagi Penyuka Masak yang melakukan traveling dengan budget minimal, sebaiknya pilihlah Street Food yang ada di negera tersebut. Negara apa sajakah yang memiliki kuliner lezat tapi murah yang bisa dijadikan destinasi wisata dengan budget minimal? Simak ulasannya berikut ini:

1.       Taiwan

 

Sumber: wikipedia

Kuliner Taiwan merupakan perpaduan masakan Min Nan, Teochew, dan komunitas Tionghoa Hokkien dengan sentuhan masakan Jepang. Untuk mendapatkan kuliner murah di Taiwan, Penyuka Masak bisa mengunjungi Ibu Kota Taiwan, yaitu Taipei. Di kota ini ada sekitar 20 jalanan yang dijadikan pusat jajanan wisatawan yang sangat ramah kantung.


sumber: flickr

Salah satu street food yang paling populer dan ramai adalah Shilin Night Market, di Distrik Shilin, Kota Teipei. Sesuai namanya, jajaran jajanan jalanan ini baru dibuka ketika jam 5 sore hingga tengah malam. Di pasar malam ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis masakan khas Taiwan, dari masakan yang biasa saja hingga luar biasa, contohnya saja Deep Fried Milk. Makanan ini terbuat dari susu yang diadon dengan tepung jagung, garam, dan gula lalu digoreng dalam minyak panas. Biasanya disajikan dalam bentuk sate, dimakan ketika sudah agak dingin dan memiliki sensasi manis susu dan creamy ketika masuk ke mulut.

2.       Filipina

 

Sumber: flickr

Filipina adalah salah satu negara yang memiliki banyak kuliner aneh seperti telur bebek berisi embrio berusia 15 - 20 hari, yang menurut banyak wisatawan sangat menjijikan. Namun jangan kira Filipina tidak memiliki makanan lain yang lezat dan menggoda. Coba saja ke Kota Manila tepatnya ke daerah Mercato Centrale. Di tempat tersebut setiap akhir pekan, hari Jumat - Sabtu selalu diadakan Mercato Market, pusat wisatawan hingga warga lokal berkumpul untuk mengisi perut mereka ketika malam datang.

 

Sumber: senorsisig

Penyuka Masak bisa menemukan berbagai macam masakan khas Filipina hingga negara lain yang disajikan dengan sentuhan khas budaya lokal. Contohnya saja seperti Lengua Burrito. Makanan ini aslinya berasal dari Meksiko, namun karena Filipina termasuk negara Asia yang menyukai nasi maka Burrito ini dimodifikasi menggunakan nasi yang dipanggang. Rasanya? Tidak perlu diragukan, lezat!

3.       Thailand

 

Sumber: eatwalktalktour

Hampir seluruh orang di dunia sudah tahu tentang kelezatan kuliner di Thailand, maka dari itu Thailand menjadi salah satu negara di Asia yang menjadi destinasi wisata utama para wisman. Kalau ke Negeri Gajah Putih ini tentu wajib sekali mengunjungi Bangkok, sebagai Ibu Kotanya karena memang disinilah pusat makanan yang bisa memuaskan perut kita.

Salah satu daerah di Bangkok yang menjadi pusat kuliner murah adalah Victory Monumen. Tempat ini memang sangat strategis karena dekat sekali dengan pusat transportasi di Bangkok. Penyuka Masak bisa menemukan berbagai macam booth makanan mengelilingi Victory Monument dan memuaskan lidah hingga matahari terbenam.

 

Sumber: saveur

Salah satu makanan di tempat ini yang harus dicoba adalah Kuay Teow Reua atau Boat Noodles. Makanan ini berbahan dasar mie dengan kuah kaldu yang dicampur rempah sehingga menghasilkan tekstur yang kental dan warna yang hitam. Sebagai tambahannya ada daging babi atau hati yang lembut dan juicy. Kata mereka yang sudah mencoba, makanan ini tidak perlu ditambah apapun lagi.

4.       Korea Selatan

 

Sumber: mattbites

Bukan hanya Thailand, Korea Selatan juga merupakan surga makanan. Namun berbeda dengan Thailand yang kebanyakan menyajikan makanan berat, di Korea Selatan lebih banyak menjual makanan ringan yang tidak harus dimakan di tempat tersebut.

 

Sumber: chowandthecity

Di Korea Selatan tidak perlu jauh-jauh mencari jajanan yang murah dan lezat, Anda cukup jalan-jalan di sepanjang Kota Seoul, Ibu Kota Korea Selatan. Di pinggiran jalan Kota Seoul banyak sekali stand-stand makanan ringan yang siap memanjakan lidah Anda. Salah satu jajanan yang bisa Anda coba adalah Deep Fried Dumplings atau yang dikenal dengan Hotteok. Dumpling ini disajikan saat masih panas sehingga tekstur luarnya crunchy tapi dalamnya masih creamy seperti ice cream.

Nah, dari 4 negara di atas negara mana yang paling menarik makanannya bagi Penyuka Masak? Kalau punya pengalaman kuliner di Indonesia maupun di luar negeri, yuk share di sukamasak.com!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar