MERASA BOROS MENGGUNAKAN GAS LPG? INI TIPS MENGHEMATNYA!

Admin Sukamasak

Gas LPG adalah alat yang penting bagi ibu rumah tangga karena disini lah nyawa dari dapur yang menghasilkan makanan-makanan lezat. Gas LPG ini juga merupakan baramg dengan harga yang tidak stabil, dalam setahun harganya bisa naik 2 - 3 kali dan membuat banyak ibu rumah tangga yang tersiksa. Makanya para Penyuka Masak harus pintar-pintar menggunakan gas LPG ini agar hemat, seperti berikut ini:

Penggunaan Regulator yang Berstandar

Cara menghemat gas LPG yang pertama yaitu penggunaan regulator yang berstandar baik. Regulator yang berstandar baik adalah regulator otomatis, dengan menggunakan regulator otomatis maka gas tidak akan keluar bila tidak ada sumber api. Selain itu juga akan menghemat kualitas selang yang terus menahan tekanan gas pada saat swit kompor ditutup.

Memperhatikan Tekanan Selang

Selain menggunakan regulator yang berstandar, pemilihan dan memperhatikan tekanan selang juga merupakan salah satu cara untuk menghemat gas. Gas bersifat menekan kesegala arah dengan tekanan 500 psi. Terdapat tulisan di selang, minimal selang harus mempunyai kemampuan menahan tekanan sebesar 500 psi juga. Jika kurangdari itu maka selang akan cepat kendor. Akibatnya gas dapat keluar melalui sela-sela selang.

Penempatan / Peletakkan Tabung Gas

Menempatkan atau meletakkan tabung gas juga merupaka salah satu upaya untuk bisa menghemat gas LPG. Tabung gas sebaiknya tidak langsung diletakkan diubin saja tetapi harus menggunakan alas. Alas tabung ini bisa menggunakan papan kayu biasa atau alas khusus yang memakai roda. Gunanya agar tidak terjadi kristalisasi di bagian dasar tabung.

Bentuk kristal ini seperti pasir dan mengakibatkan volume gas lebih cepat berkurang. Kristalisasi sering terjadi apabila udara cukup dingin. Kalau memang ini terjadi di tabung gas kita, cara mengatasinya cukup rendam tabung gas dalam air panas kurang lebih 10-15 menit.

Pengaturan Warna Api

Dengan mengatur warna api juga bisa menghemat gas, warna api yang bagus adalah warna biru. Caranya mudah, atur pengatur udara hingga nyala api berwarna biru terang, ingat nyala api jangan sampai melewati wadah yang sedang dipanasi. Api yang berwarna biru cukup panas untuk memasak makanan ketimbang api yang berwarna merah sehingga waktu untuk mematangkan makanan pun jadi lebih singkat. Kita pun jadi hemat gas.

Membersihkan Kompor

Tips menghemat gas LPG yang terakhir yaitu rajin membersihkan kompor. Membersihkan kompor secara berkala dapat membantu menghemat penggunaan gas LPG. Saluran gas yang kotor mengakibatkan api yang dihasilkan tidak berwarna biru. Jadi waktu memasak bertambah lama. Paling tidak bersihkan kompor gas dan seluruh saluran didalamnya maksimal 4 bulan sekali.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar