HOBI BIKIN KUE? WAJIB BERKENALAN DENGAN ALAT YANG SATU INI, ROLLING PIN!

Admin Sukamasak

Jika Penyuka Masak baru saja berkecimpung dalam dunia membuat kue maka hal pertama yang harus dikenal adalah alat-alatnya. Salah satu alat yang wajib dimiliki oleh mereka yang hobi membuat kue adalah rolling pin atau penggiling adonan. Rolling pin ini memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bahannya dan masing-masing bahan pun kegunaannya juga berbeda. Seperti berikut ini:

1. Rolling pin berbahan kayu

 

Alat penggiling yang terbuat dari bahan kayu termasuk yang klasik atau tradisional yang telah dibuat sejak lama. Berbagai kayu bisa digunakan untuk membuatnya, termasuk kayu dengan aroma khas seperti kayu pinus. Semakin besar ukuran alat penggiling ini maka semakin berat pula bobotnya. Tapi punya kelemahan pada adonan atau bahan yang memiliki tekstur lengket karena adonan akan menempel dan membuat bentuknya tidak bagus. Memang beberapa sengaja dibuat dengan kayu berminyak sehingga tidak mudah menempel pada adonan.

2. Rolling pin berbahan marmer

 

Rolling pin berbahan marmer mungkin jadi pilihan tepat ketika Anda ingin menggiling adonan kue kering. Pasalnya tidak menghantarkan panas sehingga tidak tidak merubah suhu adonan. Kelemahannya adalah alat penggiling ini memiliki bobot yang berat sehingga perlu berhati-hati ketika menggunakannya. Gunakan insting Anda jika tidak ingin mendapati adonan yang terlampau tipis. Harga yang dipatok untuk alat penggiling berbahan batu mewah ini tidaklah murah tetapi sebanding dengan kualitas dan juga daya tahannya.

3. Rolling pin berbahan stainless steel

 

Rolling pin yang satu ini banyak dipakai oleh para chef ketika membuat olahan pastry. Alat penggiling ini memiliki beberapa keunggulan antara lain bisa tetap di suhu dingin sehingga tidak memengaruhi suhu adonan. Keunggulan lainnya yakni lebih mudah dibersihkan, bahkan dengan cara hanya dilap saja.

4. Rolling pin untuk dekorasi

 

Membuat dekorasi kue yang terbuat dari fondant atau marzipan tentu membutuhkan rolling pin untuk menggilingnya. Namun alat penggiling yang dibutuhkan adalah alat khusus. Biasanya terbuat dari bahan silikon ataupun bahan plastik. Hal lain yang membedakan, alat penggiling ini tak hanya berfungsi untuk memipihkan bahan tetapi juga sekaligus menghiasnya. Bentuk bunga, hati atau kupu-kupu kerap dijadikan bentuk yang tertera pada alat ini.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar