CARA MELATIH ANAK BELAJAR PUASA PERTAMA KALI

Admin Sukamasak

Usia ideal mengajarkan seseorang untuk berpuasa adalah ketika masih kecil. Namun tidak semua anak mudah dibujuk untuk berpuasa pertama kali. Jika Penyuka Masak mengalami kesulitan dalam mengajarkan anak berpuasa coba ikuti cara-cara ini:

1. Latih anak berpuasa pada usia yang tepat

Usia yang tepat untuk melatih anak berpuasa adalah usia sekolah (lebih dari 7 tahun). Pada usia ini, anak sudah cukup besar untuk belajar menahan haus dan lapar. Selain itu, anak usia sekolah juga sudah memiliki cadangan nutrisi tubuh yang cukup sehingga sudah mampu berlatih untuk menjalankan ibadah puasa.

2. Berikan pemahaman tentang puasa kepada anak

Sebelum mengajak anak berpuasa, berikan pemahaman tentang berpuasa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Usahan memberitahu dengan cara yang halus dan menyenangkan karena bisa mencegah buah hati curang saat berpuasa.

3. Berikan Contoh Pada Anak Cara Berpuasa Yang Benar

Selain memberikan pemahaman, cara yang wajib dilakukan adalah memberikan contoh. Seluruh anggota keluarga harus memperlihatkan kepada anak bagaimana cara berpuasa dengan mengikuti kegiatan puasa dengan benar. Bila ada anggota keluarga yang sedang tidak berpuasa sebaiknya jangan makan di depan anak tersebut.

4. Latih Anak Secara Bertahap

Pasti ini sudah tidak asing lagi di telinga Penyuka Masak. Anak-anak yang baru mulai berlajar puasa diizinkan berpuasa setengah hari dari waktunya imsak hingga siang hari saat waktu Dzuhur datang. Ketika anak sudah terbiasa, waktunya bisa makin diperpanjang.

5. Beri Penghargaan Jika Anak Berhasil Melakukan Puasa Sehari Penuh

Anak-anak paling senang dengan hadiah atau penghargaan karena akan membuat mereka tahu kalau mereka berbuat baik akan disenangi oleh semua orang. Begitu pula dengan berpuasa, jika buah hati berhasil berpuasa sehari penuh, setengah bulan, dan lebih hebat lagi sebulan penuh maka beri penghargaan sepantasnya dan semampunya untuk si anak. Tidak harus berupa materi, tapi Anda bisa memberikan ia banyak pujian diantara keluarga atau menyediakan makanan-makanan kesukaan si kecil saat berbuka.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar