4 BAHAN INI BISA DIGUNAKAN UNTUK MENGHILANGKAN AMIS IKAN

Admin Sukamasak

Jeruk nipis dan garam adalah dua bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan. Selain kedua bahan tersebut masih ada 4 bahan lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau amis ikan, ini dia:

1. Susu

 

Anda hanya perlu rendam ikan dalam susu, lalu bilas setelahnya. Susu akan membantu menyerap bau amis dari makanan laut. Kemudian, Anda bisa memasak ikan dengan cara apapun. Kasein, zat dalam susu akan berikatan dengan trimetilamin oksida, zat kimia yang mengarah ke bau amis, sehingga susu dapat mengurangi bahkan menghilangkan amis pada ikan.

2. Campuran Tepung Maizena, Garam, dan Bubuk Kunyit

Ini adalah trik lama menghilangkan bau amis pada ikan, dari India. Cukup campur tepung maizena, garam, dan bubuk kunyit. Kemudian, balur ke seluruh permukaan ikan dan diamkan minimal selama 30 menit. Setelah itu, cuci ikan di bawah air mengalir sebelum dimasak. Tidak perlu khawatir tentang rasa ikan, karena kunyit adalah bahan yang baik untuk menyingkirkan bau amis ikan dengan efektif.

3. Abu Kayu

 

Cara ini sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, seperti lele dan belut. Caranya cukup dengan menggosokkan abu ke seluruh badan ikan, sampai lendir ikan bersih. Lendir ikan yang menghasilkan bau amis saat memasak. Menghilangkan lendir ikan memiliki efek yang luar biasa. Jika tidak memiliki abu kayu, cukup dengan menggunakan air panas. Gunakan air panas mendidih dan siram pada ikan. Setelah itu, ambil pisau untuk membersihkan lendir ikan.

4. Jahe

 

Selain dapat menghilangkan bau amis pada ikan, jahe juga menambah rasa, menghilangkan racun, dan menghilangkan alergi pada ikan. Cukup hancurkan jahe dan menggunakannya untuk menggosok seluruh badan ikan. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum dimasak.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar