BEDA NEGARA BEDA JUGA VARIAN PIZZA-NYA

Admin Sukamasak

Pizza asalnya memang dari Italia namun makanan ini menyebar cepat ke banyak negara-negara lain dan mengalami adaprtasi sehingga memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti apa pizza-pizza di negara lain ini?

1. Italia
Yang pertama tentu saja di Italia, kota asal Pizza. Pizza Neapolitan adalah kreasi pertama jenis pizza di Italia. Ciri khas dari pizza ini, pinggiran rotinya yang tipis dan garing, diberi olesan pasta tomat segar dan keju mozzarella di atasnya. Tomat yang digunakan biasanya jenis tomat San Marzano.

2. Chicago dan New York
Kedua kota di Amerika ini adalah pengagum berat pizza. Namun keduanya memiliki ciri khas pizza yang berbeda.

Chicago memiliki ciri khas pizza dengan crust. Pizza ini disebut sebagai deep dish. Pizzanya dibakar dengan menggunakan loyang bulat dengan tepi tinggi. Roti pizzanya tak hanya di bagian bawah, melainkan juga di tepinya. Tepinya sendiri memiliki tinggi sekitar tiga inci.

Di dalamnya, pizza ini biasanya diisi dengan daging cincang, keju dan pasta tomat.

Sedangkan pizza ala New York sebenarnya hampir sama dengan pizza neapolitan ala Italia. New Yorker Pizza ini punya ciri adonan roti yang tipis, renyah, berisi saus tomat dan keju mozarella serta dibakar dengan arang.

3. Roma
Berbeda dengan Italia, Roma memiliki jenis pizza yang unik. Pizza khas Roma memiliki warna putih. Pizza ini disebut pizza bianca.

Pizza ini tidak mengandung dua bahan topping utama pizza yaitu keju dan pasta tomat. Tetapi pizza putih tipis ini ditambahkan minyak zaitun dan taburan garam laut di atasnya. Uniknya, pizza ini tak dijual per slice, melainkan dijual berdasarkan beratnya.

4. Perancis
Tarte Flambee adalah pizza dari Perancis. Pizza ini dianggap sebgai pizza yang paling menggemukkan karena disajikan dengan tambahan bacon dan keju.

Pizza ini aslinya berasal dari wilayah Alsace. Tarte flambee memiliki adonan yang tipis dan diberi topping bawang bombai, fromage blanc, creme fraiche dan lardons.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar