KETAHUI LEBIH DALAM TENTANG ALERGI GLUTEN

Admin Sukamasak

Gluten adalah sejenis protein yang berasal dari, barley, rye dan kadang-kadang gandum. Gluten ini dibutuhkan dalam pembuatan roti, kue kering dan cake supaya memiliki tekstur yang lembut. Sebenarnya gluten ini tidak selalu buruk untuk tubuh manusia namun pada beberapa orang gluten bisa menyebabkan timbulnya reaksi alergi, ini biasa disebut intoleransi gluten, sensitivitas gluten, dan penyakit celiac. Seperti apa gejala-gejala orang yang memiliki alergi pada gluten?

- Masalah Pencernaan
Biasanya orang-orang dengan intoleransi gluten akan segera mengalami masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, disentri, dan usus.

- Kelelahan
Merasa lelah setelah makan adalah tanda-tanda bahwa Anda sensitif terhadap gluten.

- Gejala Neurologis
Jika Anda memiliki gejala-gejala neurologis seperti pusing atau perasaan ketidakseimbangan dalam tubuh Anda, itu bisa menjadi indikasi gluten hadir dalam makanan Anda.

- Migrain
Banyak orang menderita masalah migrain, tapi kita tidak menyadari bahwa itu adalah alergi akibat konsumsi gluten dalam makanan. Ini adalah salah satu efek samping jangka panjang gluten.

- Gatal
Jika Anda memiliki alergi gluten maka setelah mengonsumsi makanan dengan gluten akan muncul gatal-gatal pada kulit yang kasar menyerupai kulit ayam.

- Peradangan
Peradangan, pembengkakan atau nyeri pada jari-jari, lutut atau pinggul adalah hasil dari makanan kaya gluten.

Bagaimana kalau kita memiliki gejala-gejala ini? Apakah bisa diobati? Satu-satunya cara untuk mengelola alergi gluten adalah dengan mengikuti diet bebas gluten, yaitu menghindari makan semua makanan yang mungkin mengandung gandum, barley, rye, dan oat bagi sebagian orang. Jika gejala menghilang ketika Anda mengikuti diet ini, bisa diketahui bahwa Anda memiliki penyakit celiac. Untuk mendapatkan diagnosis yang jelas, bagaimanapun Anda harus kedokter untuk melakukan tes darah sebelum melakukan diet bebas gluten.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar