MAKANAN TRADISIONAL YANG WAJIB ADA SAAT NYEPI

Admin Sukamasak

Perayaan Nyepi identik dengan suasana hening yang damai, apalagi jika Anda berada di Bali. Ketika Hari Raya Nyepi orang-orang dilarang keluar dari rumah begitu pun para turisnya. Maka dari itu, perayaan yang dilaksanakan setahu sekali ini selalu menarik perhatian turis domestic dan internasional.
Walau memang suasana menjadi hening dan tenang, Nyepi tidak berbeda dengan perayaan lainnya terutama pada kehadiran makanan-makanan khas yang wajib disediakan ketika nyepi. Makanan apa saja yang harus ketika Nyepi?

1. Entil

Entil adalah makanan pertama yang wajib ada ketika Nyepi. Makanan ini berbentuk seperti lontong yang dibungkus daun. Mirip seperti ketupatnya orang Lebaran.
Namun bedanya, entik tak dibungkus dengan daun pisang atau janur, melainkan dibungkus dengan daun nyelep atau talengidi. Tanaman ini memiliki daun lebar dan panjang mirip daun kunyit.
Entil diolah dengan cara direbus dalam waktu lama hingga menjadi legit dan tahan lama. Semakin lama direbus, aroma dan rasa entil semakin mantap.


2. Ketongkol

Ketongkol ini juga mirip dengan lontong. Perbedaannya bentuknya kerucut.
Ketongkol bisa disajikan bersama dengan sayuran atau lauk lainnya. Namun dimakan tanpa tambahan lain, ketongkol juga sudah memiliki rasa yang gurih, sedap, dan sedikit lengket.


3. Pulung Nyepi

Pulung Nyepi yang satu ini bentuknya mirip dengan kolak biji salah namun tanpa kuah gula dan santan. Makanan ini biasanya disajikan jelang pengerupukan.
Pulung Nyepi terbuat dari tepung beras dan tepung kanji dan dikukus. Setelah matang, adonan ini dibentuk bulat dan sedikit lonjong.
Pulung Nyepi disantap dengan tambahan parutan kelapa muda.


4. Cerorot

Kua yang satu ini memang menjadi kue basah khas Bali, bukan hanya pada saat nyepi tapi dihari lain juga mudah ditemukan. Kuenya berbentuk kerucut dan berwarna cokelat memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal.
Kue basah khas Bali ini dibungkus dengan janur dengan cara melilitnya hingga berbentuk kerucut. Selain di Bali, kue ini juga bisa ditemukan di Jawa Tengah dengan sebutan yang berbeda.


5. Nasi Tepeng


Selain kue dan makanan ringan, berikutnya adalah makanan berat khas Nyepi di Bali, yaitu Basi Tepeng yang berasal dari Gianyar.
Nasik has Bali ini memiliki rasa rempah dan lada yang pedas menggigit. Nasi Tepeng disajikan dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Disajikan dengan pincuk daun pisang.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar