Bakwan dan Risol Goreng, Menu Favorit untuk Buka Puasa

Admin Sukamasak

Berbuka puasa dengan sajian yang gurih dan hangat, pasti begitu nikmat. Salah satu makanan buka puasa yang paling favorit bagi orang Indonesia adalah bakwan dan risoles. Selain rasanya yang sedap, kedua gorengan ini memiliki banyak penggemar karena relatif murah dan mudah dibuat. Supaya bakwan dan risoles yang dibuat sendiri di rumah terasa makin lezat dan sehat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

 

Pemilihan Tepung

Tepung terigu merupakan salah satu bahan utama dari dua gorengan ini. Untuk bakwan, gunakan tepung terigu protein sedang atau rendah agar hasilnya tidak alot atau keras. Sedangkan untuk risoles dapat menggunakan campuran tepung terigu protein sedang dan tepung maizena dalam pembuatan kulitnya, agar lembut dan tidak mudah robek.

 

Pembuatan Adonan

Selain pemilihan  tepung terigu, pembuatan adonannya pun harus diperhatikan. Terlalu lama mengaduk adonan bakwan dapat memicu terjadinya gluten sehingga membuat gorengan jadi alot. Tidak hanya itu, adonan juga harus tepat kekentalannya agar tetap renyah dan tidak menyerap banyak minyak. Penambahan telur dan sayuran yang mengandung air dapat membuat adonan jadi terlalu encer.

Untuk risoles, ada berbagai resep yang bisa dicoba untuk membuat kulitnya. Tapi jika ingin teksturnya lebih lembut, gunakan susu ketimbang air biasa. Selain itu, adonan juga harus diaduk hingga rata dan disaring agar halus dan tidak bergerindil.

 

Proses Memasak

Proses memasak bakwan dan risoles memang gampang-gampang susah. Keduanya membutuhkan minyak yang banyak sehingga matang sempurna hingga ke bagian dalamnya. Goreng dalam keadaan minyak goreng sudah panas dan jangan penuhi wajan, karena akan membuat gorengan membutuhkan lebih banyak waktu untuk matang dan hasilnya sangat menyerap minyak.

Gunakan minyak goreng yang baru dan berkualitas, agar hasil gorengan terasa lezat dan penampilannya pun menggugah selera. Sediakan selalu Filma Signature di dapur untuk menghasilkan makanan yang lezat dan sehat. Varian terbaru dari Filma ini memadukan minyak kelapa sawit pilihan yang memiliki kandungan batakaroten alami, vitamin D dan vitamin E yang baik untuk kesehatan. Ditambah dengan minyak zaitun (ekstra virgin olive oil) yang terkenal dengan antioksidan polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Jadi, tidak perlu ragu lagi menggunakan produk ini karena telah mendapat sertifikat halal dari MUI dan pengakuan BPOM sejak 20 tahun lalu.

 

Variasi Isi

Serunya membuat bakwan dan risoles adalah isiannya yang bisa divariasi. Untuk bakwan, gunakan berbagai sayuran seperti jagung, wortel, kol, buncis, dan taoge. Tambahkan juga udang atau teri ke dalam adonannya untuk menambah kelezatannya.

Sedangkan untuk risoles, tidak melulu berisi ragout saja. Bisa juga diisi dengan tumisan sayuran, bihun, jamur, olahan daging, mayones, bahkan pisang atau durian buat si pecinta makanan manis.

Mudah dan lezat, bakwan dan risoles dijamin jadi menu andalan untuk buka puasa yang jadi favorit keluarga. Masak yuk!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar