Cegah Dampak Radikal Bebas untuk Jaga Kondisi Tubuh Saat Puasa

Admin Sukamasak

Kamu mungkin sudah familiar dengan kata-kata radikal bebas, tapi belum mengetahui dampaknya bagi kesehatan, terutama saat sedang menjalankan ibadah puasa. Untuk dapat menjaga kesehatan tubuh selama Bulan Ramadan ini, ketahui bahaya radikal bebas dan cara mencegah dampaknya berikut ini.

 

Apa Itu Radikal Bebas?

Radikal bebas merupakan molekul yang mengandung elektron yang tidak berpasangan, sehingga membuatnya bersifat tidak stabil dan mampu menyerang berbagai sel dalam tubuh. Tubuh rentan mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar. Mulai dari sinar matahari, radiasi, asap rokok, polusi udara, bahan kimia industri, hingga makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.

 

Bahaya Radikal Bebas

Radikal bebas yang bertambah banyak dalam tubuh dapat  menyebabkan kerusakan sel dan memicu stres oksidatif. Jika dibiarkan, akan muncul berbagai penyakit, mulai dari radang sendi, penyakit jantung, stroke, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penuaan dini, hingga kanker. Untuk mengendalikan jumlah radikal bebas dalam tubuh, perlu memperbanyak jumlah antioksidan yang mampu menghambat kerusakan sel kulit.

 

Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin E

Cara terbaik untuk melawan radikal bebas adalah dengan antioksidan yang ditemukan pada bahan makanan. Konsumsi makanan yang tinggi vitamin E, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak ikan, dan minyak zaitun. Olah juga bahan makanan menggunakan minyak goreng yang sehat.

Jatuhkan pilihan pada Filma Signature yang merupakan kombinasi tepat minyak kelapa sawit dan minyak zaitun yang kaya manfaat. Minyak kelapa sawit pilihan  memiliki kandungan betakaroten alami, vitamin D dan vitamin E serta minyak zaitun (extra virgin olive oil) yang memiliki antioksidan polifenol yang baik untuk jantung. Olah segala masakan untuk menu berbuka puasa untuk meningkatkan kelezatannya dan membuatnya makin sehat dengan memilih Filma Signature.

 

Vitamin C

Kebanyakan orang mengenal manfaat vitamin C untuk memperkuat pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin ini juga membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas, dengan menghilangkannya sebelum menjadi masalah bagi tubuh. Masukkan beberapa makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, paprika, strawberry, tomat, nanas, brokoli, dan bayam.

 

Selenium

Selain antioksidan, selenium juga memainkan peran penting dalam mencegah radikal bebas untuk merusak sel-sel tubuh, seperti pernyataan The National Cancer Institute. Tambahkan oatmeal, nasi merah, ayam, telur, biji-bijian, dan sayuran ke menu sahur maupun berbuka puasa, untuk memasok kebutuhan mineral penting ini.

Yuk pastikan tubuh tetap fit selama bulan puasa ini dengan mengatur pola makan yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas.

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar