Gorengan Menempel? Ganti Minyak Gorengmu!

Admin Sukamasak

Kurang lengkap rasanya melihat menu sahur tanpa adanya gorengan gurih dan renyah di meja makan. Selain sebagai camilan, makanan yang digoreng ini pun cocok jadi pendamping nasi yang bikin nafsu makan makin meningkat.

Tapi gorengan yang terlalu berminyak dan menempel dapat membuatmu kehilangan selera makan. Penyebabnya bisa jadi berasal dari minyak goreng yang digunakan lho. Yuk atasi dengan cara-cara berikut ini.

Suhu Minyak Kurang Panas

Inilah pentingnya memanaskan minyak sebelum memasukkan bahan makanan ke dalamnya. Suhu minyak yang kurang tinggi dapat memperpanjang waktu memasak dan membuat hasilnya terlalu berminyak. Untuk mengetahui apakah minyak cukup panas, gunakan termometer dapur, teteskan adonan atau remah roti ke dalamnya, atau menempelkan ujung sendok kayu hingga terbentuk gelembung kecil.

Minyak yang baik akan membantu juga untuk gorengan cepat tiris. FILMA Signature, memadukan kelapa sawit pilihan dengan minyak zaitun sehingga memadukan minyak yang berkualitas sehingga membantu gorengan lebih cepat tiris.

Sebaliknya, Suhu Minyak Terlalu Tinggi

Sebaliknya, suhu minyak yang terlalu panas juga dapat mengurangi kelezatan gorengan. Selain membuatnya berisiko gosong, adonan jadi menempel satu sama lain jadi tidak matang secara menyeluruh. Jika asap keluar dari gorengan atau menjadi hitam, ganti minyak goreng dan mulai panaskan dari awal hingga mencapai suhu yang tepat.

Beralihlah ke Filma Signature yang memiliki titik didih tinggi, sehingga tidak mudah menghitam. Filma Signature, varian baru dari Filma yang memadukan minyak kelapa sawit pilihan yang memiliki betakaroten alami, vitamin D dan vitamin E serta minyak zaitun (extra virgin olive oil) yang memiliki antioksidan polifenol yang baik untuk jantung.

Saat mengonsumsinya, kamu tidak perlu ragu jika minyak goreng ini dibuat dari bahan dan proses yang tidak memenuhi starndart. Pasalnya, Filma Minyak Goreng telah mendapat sertifikat halal dari MUI dan pengakuan dari BPOM sejak 20 tahun yang lalu.

Jangan Memenuhi Wajan

Begitu minyak berada pada suhu yang tepat, masukkan bahan makanan secukupnya ke dalam penggorengan. jangan membuat wajan terlalu sesak, karena dapat menurunkan suhu minyak secara drastis, memerangkap uap panas, dan menyebabkan potongan makanan saling bersentuhan. Akibatnya makanan matang lebih lama, minyak banyak meresap, dan menghasilkan gorengan yang mudah lembek.

Jaga Kebersihan Minyak

Tidak perlu membuang minyak yang baru dipakai, asal masih dalam keadaan jernih. Bersihkan minyak goreng dari kotoran atau sisa gorengan yang berkerak di dasar penggorengan. Gunakan sendok berlubang untuk menghilangkannya dan gunakan kembali minyak goreng maksimal sebanyak dua kali.
Selain faktor minyak goreng, gunakan kertas resap untuk menyerap kelebihan minyak, agar gorengan tetap garing dan tidak terlalu berminyak. Selamat makan!

Bagikan ke:

Berikan penilaianmu tentang artikel dan tips di atas

Login untuk memberi komentar